Kunker Mendes PDT dan Transmigrasi di Lumajang Kunjungi Wisata Hutan Bambu

14 November 2020 03:52
Kunker Mendes PDT dan Transmigrasi di Lumajang Kunjungi Wisata Hutan Bambu
Mendes PDT dan Transmigrasi RI, Abdul Halim Iskandar kunker dalam rangka konsultasi publik RPP terkait Bumdes dan sosialisasi prioritas penggunaan DD di wisata hutan bambu Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jatim. (Awin D/Trans89.com)
.

LUMAJANG, TRANS89.COM – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDT dan Trans) RI, Abdul Halim Iskandar bersama rombongan kunjungan kerja (kunker) dalam rangka konsultasi publik Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) terkait Badan Usaha Desa (Bumdes) dan sosialisasi prioritas penggunaan dana desa (DD) tahun 2021.

Turut mendampingi Mendes PD Trans, yakni Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Wakil Bupati Indah Amperawati, Ketua DPRD Lumajang Anang Ahmad Saifudin berkunjung di wisata hutan bambu Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Jatim), Jumat (13/11/2020).

Dalam sambutan Bupati Lumajang, Toriqul Haq, ucapkan Insya Allah nanti setelah 3 tahun akan menghadap lagi kepada menteri agar bisa lanjut diperiode selanjutnya.

“Adanya dana desa sangat membantu pembangunan di desa, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup warga di Kabupaten Lumajang,” ucap Toriqul.

Menurut dia, dengan adanya dana desa, banyak pembangunan destinasti wisata di Kabupaten Lumajang dan kami pihak pemerintah kabupaten (pemkab) sangat mensuport untuk itu.

“Rencana tahun depan akan ada program CCTV untuk seluruh wilayah Kabupaten Lumajang, dan ini sudah sepakat dengan para kepala desa (kades) untuk menggunakan dana desa,” tutur Toriqul.

Sementara Mendes PDT Trans, Abdul Halim Iskandar, menyampaikan untuk para pendamping desa tetap semangat dan jangan khawatir, karena rencana bulan Desember untuk kontrak para pendamping desa akan diperpanjang selama 2 tahun.

“Seluruh Indonesia, ada 12 tempat wisata hutan bambu, namun yang terluas hanya ada di Kabupaten Lumajang dengan luas 14 hekatra (ha),” papar Halim.

Ia menyebutkan, untuk kedepan (2021), bantuan tempat wisata hutan bambu yang akan diutamakan, dan di Kabupaten Lumajang yang paling luas.

“Insya Allah, saya akan memenuhi janji dari Bapak Eko (Mendes PDT Trans lama) bahwa untuk melaksanakan pelantikan jajaran Kemendes akan dilaksanakan ditempat ini,” sebut Halim.

Lanjut Halim, program pengentasan kemiskinan harus diawali dari desa, dan program dapat dinyatakan berhasil apabila di desa sudah tidak ada yang dinyatakan miskin.

“Dana desa bisa dipakai untuk apa saja, asalkan bertujuan peningkatan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya,” sambunya. (Awin/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya