KPU Pasangkayu Rakor Protkes Dengan Perusahaan Perkebunan Sawit, Teguh: Astra Agro Mendukung Suksesnya Pilkada

14 November 2020 11:30
KPU Pasangkayu Rakor Protkes Dengan Perusahaan Perkebunan Sawit, Teguh: Astra Agro Mendukung Suksesnya Pilkada
KPU Pasangkayu rakor dengan perusahaan perkebunan sawit membahas penyelenggaran pemilihan di tengah pandemi Covid-19 dengan menerapkan protkes, berlangsung di aula kantor KPU Jalan Ir Soekarno, Salunggadue, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Ocha Cz/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Di Kabupaten Pasangkayu terdapat beberapa perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit, seperti PT Unggul Widya Tekhnologi Lestari (UWTL) dan PT Astra Agro Lestari (AAL) Tbk Grup Area Celebes.

Untuk wilayah kerja PT UWTL sendiri di Kecamatan Baras. Sementara PT Astra Agro Lestari memiliki anak usaha, yaitu PT Pasangkayu dan PT Tanjung Sarana Lestari (TSL) wilayah kerjanya di Kecamatan Pasangkayu, PT Mamuang di Kecamatan Pedongga, PT Letawa di Kecamatan Tikke Raya, PT Surya Raya Lestari (SRL) 1 di Kecamatan Sarudu.

Pihak KPU Pasangkayu mengagendakan jadwal rapat koordinasi (rakor) dengan mengundang pihak perusahaan perkebunan sawit untuk membahas penyelenggaran pemilihan di tengah pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan (protkes) di wilayah kerja perusahaan di pemilihan bupati dan wakil bupati Pasangkayu tahun 2020.

Rakor dipimpin Komsioner KPU Pasangkayu, Alamsyah ini berlangsung di aula kantor KPU Jalan Ir Soekarno, Salunggadue, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Jumat (13/11/2020).

Hadir di giat tersebut, Wakapolres Pasangkayu Kompol Ade Chandra CY, Kasat Intelkam Polres Pasangkayu Iptu Rahmatullah, Komisioner Bawaslu Pasangkayu Syamsuddin, Community Development Area Manager (CDAM) PT AAL Tbk Grup Area Celebes Teguh Ali Musiaji, Community Development Officer (CDO) PT Pasangkayu Offier Paath, CDO PT Mamuang Gabriel Sanjaya Saragih, CDO PT Letawa dan PT TSL Hermanto Rudi, CDO PT SRL 1 Novi Konjogian.

Agenda rakor membahas pemetaan pemilih di wilayah perkebunan perusahaan, pemetaan titik tempat pemungutan suara (TPS), pembahasan pemilih pemula, penyebaran pemilih didalam dan luar wilayah kerja perusahaan.

Komisioner KPU Pasangkayu, Alamsyah mengatakan beberapa kecamatan yang beririsan langsung dengan wilayah kerja perusahaan, seperti Kecamatan Pasangkayu, Baras, Sarudu, Tikke Raya, dan Pedongga.

“Adapun jumlah daftar pemilih tetap (DPT) dari 5 kecataman di wilayah kerja perusahaan, masing-masing untuk Kecamatan Pasangkayu, laki-laki 385, perempuan 332, jumlah 717. Kecamatan Baras, laki-laki 1.436, perempuan 1.218, jumlah 2.654. Kecamatan Sarudu, laki-laki 141, perempuan 123, jumlah 263. Kecamatan Tikke Raya, laki-laki 947, perempuan 859, jumlah 1.806. Kecamatan Pedongga, laki-laki 612, perempuan 531, jumlah 1.143,” kata Alamsyah.

Perlu diketahui, kata Alamsyah, terdapat 168 orang petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang berdomisili wilayah perusahaan, dan rencana KPU Pasangkayu akan melakukan bimbingan tekhnis (Bimtek) bagi petugas KPPS.

“Kami meminta opsi kalau perusahaan menginginkan bimteknya di areal perusahaan tentunya kami juga melakukan rapid tes sebagai standar kesehatan dalam pencegahan Covid-19 dan akhir November 2020 seluruh KPPS akan di rapid test,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, CDAM PT AAL Tbk Grup Area Celebes, Teguh Ali Musiaji, menyatakan pertemuan dengan tema seperti ini, perusahaan sangat menanti diadakannya pertemuan yang difasilitasi KPU Pasangkayu pada pemilihan bupati dan wakil bupati Pasangkayu di tengah pandemi Covid-19.

“Kami perusahaan khususnya Astra Agro Grup tentunya menerapkan aturan protokoler kesehatan pencegahan Covid-19 selama pandemi ini,” ujar Teguh.

Menurut dia, perusahaan sangat antusias menyalurkan hak suaranya, dan kami juga akan liburkan karyawan pada saat hari pemungutan suara.

“Perlu kami sampaikan, setiap karyawan kami yang keluar atu cuti tentunya kami perusahan harus mengambil hasil tes swabnya, dan betul-betul hasilnya negatif baru bisa diijinkan masuk ke dalam areal perusahaan,” tutur Teguh.

Ia menjelaskan, tentunya penerapan protokoler kesehatan Covid-19 di wilayah kerja areal perusahaan khususnya Astra Agro Grup semata-mata untuk mengantisipasi terjadi klaster baru dalam perusahaan.

“Jika ada satu ditemukan karyawan kami positif, tentunya perusahaan akan di lockdown, dan jika terjadi demikian, otomatis kami tidak produksi dan berimbas kepada karyawan kami sendiri di perusahaan,” jelas Teguh.

Teguh mengungkapkan, Astra Agro Grup tetap pada posisi netral di pemilihan kepala daearah (pilkada) Kabupaten Pasangkayu.

“Kami perusahaan di posisi netral dan tidak terlibat politik praktis. Kami Astra Agro juga mendukung suksesnya pilkada Kabupaten Pasangkayu tahun 2020, dimana diwilayah kerja Astra Agro rencananya terdapat 17 TPS,” ungkapnya.

CDO PT TSL, Hermanto Rudi menambahkan, PT TSL yang jug anak usaha Astra Agro tidak memiliki kebun dan hanya mengelolah hasil produksi tandan buah segar (TBS) seperti crude palm oil (CPO) diolah untuk dijadikan minyak sawit.

“Pada umumnya karyawan PT TSL memilih di TPS 3 Dusun Panebunggu, Desa Ako, dengan total DPT 322. Sementara pemilih dari perusahaan PT TSL sebanyak 140 atau hampir 50% hak pilih di TPS 3 Panebunggu,” sambung Rudi.

Sementara Wakapolres Pasangkayu, Kompol Ade Chandra CY, menyampaikan TNI/Polri saat ini telah melakukan operasi yustisi dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, dan memastikan perhelatan pilkada pada saat pemungutan suara di TPS harus bersih dari Covid-19.

“Perlu kami sampaikan, Polres Pasangkayu akan di back up personil Brimob dan Sabhara Polda Sulbar, dan di TPS akan dijaga personil Polres Pasangkayu,” papar Chandra.

Dirinya ucapkan terimah kasih kepada KPU Pasangkayu karena mengundang Polres Pasangkayu untuk rakor standar protokoler kesehatan Covid-19.

“Kami ucapkan pihak KPU mengundang kami membahas standar protokol kesehatan di hari pemilihan, karena dari Kami Polres Pasangkayu jauh sebelumnya telah menerapkan protoko kesehatan Covid-19,” ucap Chandra.

Dalam mencegah kerumuman di TPS di wilayah kerja perusahaan perkebunan kelapa sawit, disepakati teknisnya Model C6 di cantumkan waktunya kepada pemilih yang akan menyalurkan hak suaranya. (Ocha/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya