Peringati Hari Pahlawan, Aliansi Banyuwangi Bergerak Tolak Omnibus Law

13 November 2020 01:21
Peringati Hari Pahlawan, Aliansi Banyuwangi Bergerak Tolak Omnibus Law
Aliansi Banyuwangi Bergerak peringati Hari Pahlawan menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja, berlangsung di kantor DPRD Jalan Jenderal Ahamd Yani, Kabupaten Banyuwangi, Jatim. (Fahmi S/Trans89.com)
.

BANYUWANGI, TRANS89.COM – Massa Aliansi Banyuwangi Bergerak (ABB) dipimpin M Rizal Rofik peringati Hari Pahlawan menolak Omnibus Law Undang-undang (UU) Cipta Kerja, berlangsung di kantor DPRD Jalan Jenderal Ahamd Yani, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim), Selasa (10/11/2020).

Massa aksi membawa spanduk dan pamflet bertuliskan, Cabut IUP PT BSI, tolak tambang, otw gawe Perppu Cipta Kerja.

Orasi warga tolak tambang Tumpang Pitu PT Bumi Suksesindo (BSI), Ari menyatakan di bulan November adalah bulan pahlawan, karena setiap tanggal 10 November secara rutin diperingati oleh seluruh anak bangsa sebagai Hari Pahlawan.

“Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani UU Cipta Kerja meski UU tersebut kontroversial karena dalam kurun waktu dua-tiga bulan belakangan ini arus penolakan dari berbagai elemen masyarakat kian menguat,” ujar Ari.

Namun kata dia, presiden tetap saja pada sikapnya, yakni tetap menandatangani UU Cipta Kerja dan tak mau menerbitkan Peraturan Pememrintah Pengganti Undang-Undang (Perppu).

“Kami Aliansi Banyuwangi Bergerak menjadikan tokoh kartun Sopo dan Jarwo sebagai simbol sindiran, karena Sopo-Jarwo sebagai tokoh kartun dipilih sebab di dunia nyata kita sudah tak bisa berharap lagi keadilan kepada tokoh ril seperti Presiden Joko Widodo,” kata Ari.

Alasan lainnya, sambung Ari, Sopo-Jarwo ini sebagai simbol yang menggambarkan bagaimana kualitas anggota DPR RI yang nota bene pembuat dan pembahas naskah UU Cipta Kerja.

“Para anggota dewan yang terhormat itu kualitasnya tak lebih baik dari Sopo-Jarwo. Ini terbukti dari kualitas substansi UU Cipta Kerja itu sendiri,” tambahnya. (Fahmi/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya