Hasil MotoGP Eropa 2020, Joan Mir Juara dan Puncaki Klasemen

09 November 2020 01:40
Hasil MotoGP Eropa 2020, Joan Mir Juara dan Puncaki Klasemen
Joan Mir berhasil juara mengalahkan Alex Rins dan Pol Espargaro di MotoGP Eropa di Sirkuit Ricardo Tormo Valencia, Spanyol. (Dok. Twitter MotoGP)
.

VALENCIA, TRANS89.COM – Hasil MotoGP Eropa, Joan Mir juara dan ini kemenangan pertamanya di MotoGP 2020 yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu (8/11/2020)

Balapan yang berlangsung di sirkuit Ricardo Tormo tersebut, pembalap Ecstar Suzuki ini tampil impresif, selain memenangkan balapan, Joan Mir juga makin berkuasa di klasmen sementara MotoGP 2020.

Awalnya Joan Mir stabil di posisi kedua mengikuti Alex Rins yang merupakan rekan setimnya, namun tiba-tiba, Alex Rins melebar dan seperti memberi celah dan Joan Mir menyalip Alex Rins.

Hal ini membuat Joan Mir langsung melesat dan terus memimpin hingga akhir balapan. Alex Rins sendiri akhirnya finish di podium kedua, diikuti Pol Espargaro dari tim Red Bull KTM di posisi ketiga.

Banyak pihak menyebutkan kalau ini jadi strategi Suzuki agar Joan Mir bisa meraih juara dunia MotoGP 2020, belum lagi banyak kompetitor Suzuki mengalami masalah di MotoGP Valencia 2020.

Hal itu mulai dari Maverick Vinales yang start dari posisi terakhir karena harus mengganti ban sebelum balapan, Lalu Fabio Quartararo yang mengalami crash bersama Aleix Espargaro, saat awal-awal balapan.

Sementara Valentino Rossi juga mengalami masalah teknis, sehingga harus kembali ke pit dan stop balapan. Ini menambah kesialan buat Yamaha yang mendapat hukuman karena mengganti komponen mesin.

Banyak pembalap lain juga terjatuh atau mengalami masalah, seperti Alex Marquez dan Tito Rabat.

Hasil MotoGP Eropa 2020:

Joan Mir Puncaki Klasemen

Setelah berhasil meraih kemenangan pertamanya di kelas premier pada MotoGP Eropa 2020, ini juga membuat Joan Mir semakin kokoh di puncak klasemen MotoGP 2020 dengan tambahan 25 poin, mengoleksi 162 poin.

Di saat yang sama, sang rival Fabio Quartararo hanya sanggup finis ke-14 usai mengalami crash di lap pertama balapan. Malahan, Alex Rins yang finis kedua, mendapat tambahan 20 poin dan duduk bersama Fabio Quartararo di posisi kedua klasemen dengan 125 poin.

Dengan selisih 37 poin saat ini Rins dan Quartararo, Joan Mir berpeluang meraih gelar juara MotoGP 2020 pada seri selanjutnya di MotoGP Valencia 2020.

Sementara itu, Maverick Vinales yang start dari pit lane pada balapan ini berhasil finis ke-13, tapi turun ke posisi ke-4 klasemen dengan 121 poin saja. Posisi kelima dipegang Andrea Dovizioso dan Franco Morbidelli dengan 117 poin. (Nis)

Klasementara MotoGP 2020:

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya