Pupuk Langkah, PT Pasangkayu Bantu Petani Pengadaan Pupuk

04 November 2020 15:05
Pupuk Langkah, PT Pasangkayu Bantu Petani Pengadaan Pupuk
Kelompok Tani Jaya Mandiri pimpinan Wayan Agus diberi bantuan pupuk oleh PT Pasangkayu di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Muhammad Tahir Pilo/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Anak usaha PT Astra Agro Lestari (AAL) Tbk Grup Area Celebes, yaki PT Pasangkayu membantu pengadaan pupuk petani, dimana PT Pasangkayu bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit, berkedudukan di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar).

PT Pasangkayu bantu pengadaan pupuk bagi petani karena merupakan salah satu kebutuhan dasar dari industri perkebunan, termasuk perkebunan kelapa sawit. Kondisi tersebut disadari betul oleh Manager Kemitraan PT Pasangkayu, Gati Martono.

Menyadari kondisi tersebut, Gati berinisiatif mengambil langkah untuk membantu petani kelapa sawit dalam pengadaan pupuk.

“Tanpa pemenuhan kebutuhan pupuk, mustahil kelapa sawit akan memberikan hasil yang optimal,” kata Gati di Pasangkayu, Rabu (4/11/2020).

Kelompok Tani Jaya Mandiri Desa Gunung Sari, Wayan Agus mengatakan, problem utama petani sawit di Desa Gunung Sari saat ini adalah kelangkaan pupuk di pasaran.

“Hal itu membuat kami tidak bisa mempupuk secara tepat waktu dan tepat dosis ditanaman kebun kami,” kata Wayan.

Gati menyatakan, sebenarnya problem kelangkaan pupuk bukan hanya di Desa Gunung Sari, tetapi tempat–tempat lain yang selama ini menjadi mitra kami mengeluhkan hal yang sama.

“Kami (PT Pasangkayu) mencoba mengambil inisiatif untuk membantu pengadaan pupuk tersebut agar kebutuhan petani terpenuhi,” ujat Gati.

Beberapa petani di Desa Tikke, Kecamatan Tikke Raya, juga membenarkan adanya kelangkaan pupuk di pasaran selama ini, kalaupun ada, jumlahnya terbatas dan harganya mahal, sehingga seringkali petani memupuk dengan mengurangi dosisnya.

Panjangnya jalur distribusi seringkali menjadi penyebab dari kelangkaan pupuk di daerah. Hal ini harus segera mendapat solusi dari pihak berwenang agar ada jaminan ketersediaan pupuk bagi pata petani.

Saat ini PT.Pasangkayu sudah menyalurkan pupuk sebanyak 30.750 kg di 6 kelmpok tani, termasuk kelompok tani Jaya Mandiri pimpinan Wayan Agus.

“Kita harapkan program pengadaan pupuk ini dapat berkelanjutan dan hasil dari petani semakin baik dan semakin sejahtera,” harap Wayan. (Pilo/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya