Peduli Pendidikan, Kapolres Langkat Berikan HP Android ke Siswa Berprestasi Dalam Menunjang Pembelajaran Daring

04 November 2020 17:39
Peduli Pendidikan, Kapolres Langkat Berikan HP Android ke Siswa Berprestasi Dalam Menunjang Pembelajaran Daring
Penyerahan HP android dari Kapolres Langkat, AKBP Edi Suranta Sinulingga melalui Kapolsek Tanjung Pura, Iptu Rudy Saputra kepada siswa beprestasi di wilayah Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumut. (Heri Putra/Trans89.com)
.

LANGKAT, TRANS89.COM – Sistem pendidikan berbasis aplikasi daring (online) yang diterapkan oleh pemerintah sangat baik di suasana negara yang masih dalam pandemi Covid-19.

Model pembelajaran ini dalam rangka memutus mata rantai penyebaraan pandemi Covid-19, selain itu proses belajar mengajar bagi siswa dinilai lebih efektif, mudah dan cepat, yakni secara online saat ini.

Namun demikian, tidak semuanya orang tua dari siswa mampu untuk dapat memfasilitasi anaknya dalam membelikan ponsel (HP) pintar tersebut, dikarenakan faktor ekonomi mereka yang kurang mampu.

Oleh karena itulah, Kapolres Langkat AKBP Edi Suranta Sinulingga berikan Handphone (HP) gratis lengkap dengan paket datanya kepada siswa berprestasi dengan catatan mendapatkan rengking satu dari keluarga yang kurang mampu.

Pemberian 21 unit HP kepada 21 siswa berpestasi dari jenjang sekolah SD, SMP dan SMA sederajat dari Kapolres Langkat ini, langsung diserahkan melalui Kapolsek Tanjung Pura, Iptu Rudy Saputra dengan sistim mendatangi satu persatu kediaman pelajar yang didampingi para guru kelas, pihak kecamatan, aparatur desa/lurah dan tokoh masyarakat.

Sebelum menyerahkan HP, Kapolsek Iptu Rudy Saputra terlebih dahulu melakukan dialog untuk memberikan pertanyaan berupa pekerjaan orang tua.

“Ini rumah siapa dan kepada dewan guru atau wali kelas, kami juga menayakan kebenaran siswa tersebut, apa benar rangking satu dikelasnya mereka,” kata Rudy.

Menurut dia, ada 21 HP android dari Kapolres Langkat AKBP Edi Suranta Sinulingga untuk dibagikan kepelajar rangking pertama dari keluarga yang tidak mampu.

“HP yang kita bagikan tadi diharapkan dapat bermanfaat di suasana pandemi Covid-19 ini, agar para siswa dapat belajar daring,” kata Rudy disela-sela penyerahan HP ke siswa berprestasi di wilayah Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (4/11/2020).

Ia mengemukakan, bantuan Hp kepada siswa tersebut merupakan program, ‘polisi peduli dunia pendidikan’, selain pemberian ponsel pintar ini, kami juga menyediakan ruangan belajar daring dengan wifi gratis di Polsek Tanjung Pura bagi siswa yang tidak memiliki data paket.

“Kita telah menyiapkan ruang belajar bagi siswa yang dilengkapi dengan ruangan AC beserta snack untuk menambah semangat siswa untuk belajar,” ujar Rudy.

Pantauan dilapangan, beberapa murid dan orang tua murid setelah menerima bantuan HP android terlihat merasa terharu dan senang, karena tidak menyangka dan membayangkan akan menerima HP dari Kapolres Langkat yang diserahkan Kapolsek Tanjung Pura itu.

Salah seorang Siswa MAN 2 Langkat merupakan warga Desa Teluk Bakung, Kecamatan Tanjung Pura, Aulia Rahma Aini ucapkan terimakasihnya untuk Kapolres Langkat dan Kapolsek Tanjung pura yang telah memberi HP android.

“Saya sangat berterimakasi kepada Bapak Kapolres Langkat yang dalam hal ini di wakili bapak Kapolsek Tanjung Pura telah memberikan kepada saya satu buah HP android, semoga HP ini dapat saya gunakan untuk pembelajaran daring di tengah pandemi ini. Sekali lagi terimakasih pak kapolres, terimakasih pak polisi,” ucap Aulia.

Ucapan terimaksih juga diutarakan para orangtua murid pelajar berprestasi lainnya dari keluarga tidak mampu.

Diantaranya atas nama pelajar Tia Rahmadani siswa MTs Tarbiyah Desa Pulau Banyak, Nagita fitri SD 050736 warga Desa Baja Kuning, Zahira Nazemi Sekolah Min 1 Langkat, Galih Febrian SD 056022 Desa Paya Perupuk, Zikri Alfasya Siswa MTs Negeri 1 Langkat

Hadir di giat tersebut, Kanit Binmas Aiptu Pujianto, Bhabinkamtibmas Desa Teluk Bakung Brigadir Afriandi, Bhabinkamtibmas Desa Pematang Tengah, Desa Paya Perupuk Bripka Master H Sinaga, Aiptu M Prawira dan wali kelas masing-masing siswa.

Kepala Desa (Kades) Baja Kuning Lasniardi, Kades Teluk Bakung Irfan, Kades Paya Perupuk M Yamin dan Kades Pematang Tengah Ismanuddin, para kepala sekolah kepsek dan wali kelas masing-masing sekolah, hingga tokoh masyarakat. (Heri/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya