Kapolres Simalungun Imbau Warga Hindari Kerumunan Saat Liburan Panjang

26 October 2020 00:56
Kapolres Simalungun Imbau Warga Hindari Kerumunan Saat Liburan Panjang
Kapolres Simalungun, AKBP Agus Waluyo sampaikan ke jajarannya atas arahan Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin mengimbau masyarakat menghindari untuk melakukan perjalanan dan tetap berkumpul bersama keluarga saat libur panjang. (Humas Polres Simalungun)
.

SIMALUNGUN, TRANS89.COM – Dalam rangka menghadapi libur panjang sesuai arahan dan perintah Kapolda Sumatera Utara (Sumut), Irjen Pol Martuani Sormin agar mensosialisaikan dan menghimbau masyarakat di tempat-tempat wisata untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan selalu mengunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, hindari kerumunan, berhati-hati di jalan dan utamakan keselamatan.

Hal itu ditindaklanjuti Kapolres Simalungun, AKBP Agus Waluyo mengimbau masyarakat menghindari untuk melakukan perjalanan dan tetap berkumpul bersama keluarga.

“Lakukan kegiatan di lingkungan sambil menyiapkan diri dalam menghadapi potensi bencana, seperti banjir dan longsor, karena saat ini kita masih menghadapi cuaca ekstrim,” ujar Agus melalui rilis tertulisnya di terima Redaksi, Minggu (25/10/2020).

Ia juga mengimbau dalam pelaksanaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, diimbau laksanakan dilingkungan masing-masing dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, serta tidak berkerumun.

“Lakukan test PCR atau rapid test bagi masyarakat yang akan melakukan perjalan ke luar daerah,” imbau Agus.

Menurut dia, pelaksanaan rapid tes disesuaikan dengan aturan moda transportasi yang berlaku untuk memastikan pelaku perjalanan bebas Covid-19.

“Bagi yang dinyatakan positif agar tidak melaksanakan perjalanan dan melakukan karantina mandiri yang disiapkan pemerintah,” tutur Agus.

Dirinya meminta para kapolsek jajaran Polres Simalungun untuk mengidentifikasi tempat wisata yang menjadi sasaran liburan agar pengunjuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memastikan tidak ada kerumunan, membatasi jumlah wisatawan sampai 50%.

“Selain itu cegah terjadinya pesta dengan kerumunan terbuka atau tertutup, termasuk penggunaan pengeras suara yang membuat orang berkumpul secara masif,” tega Agus.

Kapolres juga akan melakukan koordinasi dengan Forkopimda dan stakeholder lainnya untuk mempersiapkan pelaksanaan liburan di wilayah Kabupaten Simalungun selama perjalanan maupun daerah tujuan pelaku perjalanan dalam rangka pencegahan dan penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19.

“Jika masih ditemukan masyarakat yang melaksanakan liburan di daerah-daerah wisata di wilayah Kabupaten Simalungun, seperti Parapat, kebun teh Sidamanaik, puncak BIS, pemandian Alam Karang Anyer dan lain sebagainya yang sering dikunjungi wisatawan, agar tetap mematuhi protokol kesehatan,” urai Agus.

Agus mengemukakan, hindari berkerumun, silakan berlibur dengan mengikuti protokol kesehatan, dan untuk masyarakat yang memasuki wilayah Kabupaten Simalungun agar download aplikasi ‘horas paten’ di play store.

“Hal itu agar masyarakat dapat melakukan pengaduan dan panic buton lakalantas serta kejadian emergency lainya seperti perampokan dan kejahatan lainnya,” ujar Agus.

Agus mengharapkan agara dapat mengoptimalkan peran Satgas di wilayah Kabupaten Simalungun untuk melaksanakan monitoring, pengawasan dan penegakan hukum.

“Seluruh kegiatan akan dilaporkan pada pelaksanaan kegiatan antisipasi penyebaran Covid-19 pada libur dan cuti bersama kepada Bapak Kapolda Sumut, agar nanti pimpinan mengetahui perkembangan di wilayah Kabupaten Simalungun,” pungkasnya. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya