PNJ Binaan PT Letawa Borong Juara Lomba Daur Ulang Sampah Plastik Dimasa Pandemi

24 October 2020 22:26
PNJ Binaan PT Letawa Borong Juara Lomba Daur Ulang Sampah Plastik Dimasa Pandemi
Penyerahaan juara lomba daur ulang sampah plastik dilaksanakan dari tanggal 29 September hingga 16 Oktober 2020 yang digelar SHE PT Letawa berlangsung di ruang meeting kantor PT Letawa di Desa Makmur Jaya, Kecamatan Tikke Raya, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Sarwo Kartika Roni/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Paguyuban Nusantara Jaya (PNJ) tidak berhenti berkarya dan berprestasi ditengah pandemi Covid-19, dimana PNJ dikoordinir oleh Bahri.

Setelah PNJ sukses menyabet juara III lomba ketertiban, kerapian, kebersihan, kelestarian, kedisiplinan, safety, dan semangat kerja (5K2S) antar paguyuban lingkup PT Letawa pada bulan Agustus 2020, dan kini PNJ kembali meraih prestasi.

Prestasi PNJ kali ini diraih dari lomba daur ulang sampah plastik yang diselenggarakan safety and health environment officer (SHE) PT Letawa merupakan anak usaha PT Astra Agro Lestari (AAL) Tbk Grup Area Celebes, dimana lomba daur ulang sampah plastik dilaksanakan dari tanggal 29 September hingga 16 Oktober 2020.

Paguyuban Nusantara Jaya mengikutkan 7 produk kategori individu dan 2 produk kategori kelompok. PNJ meraih juara I kategori kelompokatas nama Tim AMJ (bAhri, Mala, dan Jian), juara IV kategori individu atas nama Bahri.

Tim AMJ menampilkan produk rak bunga elegan dan minimalis. Rak bunga dibentuk sedemikian rupa dengan baha nkayu bekas di cat hitam. Ada tujuh pot yang menghiasi rak bunga tersebut. Diantaranya bunga mawar merah, anggrek, lili, bunga gantung, monstera, aglonema merah, dan keladi.

Hiasan rak bunga ini sangat unik karena hasilnya terlihat sangat cantik dan seperti aslinya, meskipun hanya memanfaatkan barang bekas.

Barang bekas yang digunakan mudah ditemukan di lingkungan sekitar, seperti kantong plastik bekas, botol dn gelas plastik bekas minuman. Alat yang dipakai juga mudah diperoleh. Rak bunga elegan dan minimalis ini sangat mempercantik interior ruangan.

Tim AMJ, Andi Nirmala Baso, ucapkan Alhamdulillah bisa ikut berpartisipasi dalam lomba daur sampah plastik, dan lomba ini sangat luar biasa.

“Semoga kedepannya lebih banyak lagi kegiatan dan lomba-lomba seperti ini,” ucap Nirmala usai acara penyerahan hadiah di ruang meeting kantor PT Letawa di Desa Makmur Jaya, Kecamatan Tikke Raya, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Sabtu (24/10/2020).

Sementara Jian Mayangsari juga ucapkan Alhamdulillah setelah dirinya mendapat pengalaman diperlombaan tersebut.

“saya mendapatkan pengalaman berharga. Suatu hal yang mengesankan, bisa membuat produk dari barang bekas yang memiliki nilai jual tinggi. Kegiatan ini sangat menarik,” ujar Jian.

Juara IV kategori individu sekaligus Ketua Paguyuban PNJ berkreasi dengan botol bekas air mineral, Bahri juga mengolah botol bekas air mineral menjadi tanaman keladi yang cantik.

“Pengurus PNJ selalu menyemangati dan memfasilitasi warga untuk berkreativitas, terlebih lagi kreativitas yang berhubungan dengan pemanfaatan barang bekas,” ujar Bahri.

Menurut Bahri, sebelum diadakannya lomba daur ulang sampah plastik ini, sejak lama warga PNJ sudah aktif berkreasi memanfaatkan barang bekas, dan tidak hanya berbahan plastik saja, ada juga pemanfaatan ban bekas menjadi hiasan burung, kolam mini, meja taman serta kursi taman.

“Terimakasih kepada manajemen PT Letawa yang sudah mengadakan lomba ini, sehingga warga kami memiliki wadah untuk meningkatkan kreativitas dalam memanfaatkan sampahplastik. Semoga lomba seperti ini bisa diselenggarakan di tingkat yang lebih tinggi, seperti level area dan antar area,” tuturnya.

Pengharagaan perlombaan diserahkan langsung Administratur (ADM) PT Letawa, Tapianus Nainggolan menyampaikan ucapan terimaksih ke para peserta yang telah menghasilkan karya-karya yang luar biasa dari bahan-bahan bekas.

“Kepara yang mendapatkan juara, saya ucapkan selamat, dan belum jangan berkecil hati, semoga kedepannya bisa lebih baik lagi. Ini adalah komitmen Astra Agro di bidang lingkungan dalam memanfaatkan limbah menjadi bernilai ekonomis,” paparnya. (Sarwo/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya