Di Era Pandemi, Astra Agro Gelar Virtual Training Tingkatkan Mutu Pendidikan di Kutai Timur

18 October 2020 02:10
Di Era Pandemi, Astra Agro Gelar Virtual Training Tingkatkan Mutu Pendidikan di Kutai Timur
PT SKP-CNL merupakan anak usaha Astra Agro gelar training guru dan komite yang merupakan agenda tahunan dan digelar berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dengan virtual. (Adam Patonangi/Trans89.com)
.

KUTAI TIMUR, TRANS89.COM – Tahun 2020 merupakan tahun ke-32 Astra Agro Grup berkarya di Indonesia, dan ditengah kondisi pandemi Covid-19 membuat tahun ini menjadi berat bagi semua lapisan masyarakat.

Namun kondisi ini tidak mematahkan semangat Astra Agro untuk tetap berkomitmen mewujudkan cita-cita sejahtera bersama bangsa, dan hal ini dibuktikan dengan kegiatan virtual training (pelatihan online) bertajuk, ‘komite bisa’, diselenggarakan oleh PT Sumber Kharisma Persada (SKP)-PT Citra Narada Lestari (CNL) untuk 2 sekolah internal dan 6 sekolah binaan di lingkungan perusahaan di Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

PT SKP-CNL merupakan anak usaha PT Astra Agro Lestari (AAL) Tbk Grua Area Kalimantan Timur (Kaltim) ini gelar training guru dan komite yang merupakan agenda tahunan dan digelar berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Hal ini untuk menjawab tantangan zaman yang sedang mengarah ke era digitalisasi, training tahun ini dilaksanakan secara virtual menggunakan aplikasi konferensi virtual zoom, dikarenakan kondisi pandemi dan juga kepatuhan perusahaan mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan pemerintah di Indonesia.

Ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian dan kerjasama antara orangtua, sekolah, serta komite dalam proses pembelajaran peserta didik selama masa pandemi dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 13 hingga 14 Oktober 2020, dengan narasumber Acih Suarsih, Saiful, dan Sisworo Hadi dari Yayasan Sakola Insan Semesta, Jawa Barat (Jabar).

Hadir di acara pembukaan Administratur (ADM) PT SKP-CNL, Pulung Iman Santosa, Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Sangkulirang, Amir dan Intan Nurcahayani dari Education Social Engagement Team, Head Office (HO) Astra Agro Jakarta Amir.

Para guru peserta ucapkan terima kasih kepada Astra Agro karena selalu menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar perusahaan, khususnya di bidang pendidikan.

Kegiatan ini dibuka secara resmi ADM PT SKP-CNL, Pulung Iman Santosa, mengatakan bahwa pendidikan merupakan tanggung jawab bersama.

“Diharapkan kegiatan training ini mampu menambah semangat guru dalam melaksanakan proses pembelajaran,” katanya.

Intan Nurcahayani juga menyampaikan Astra Agro mendukung proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah binaan PT SKP-CNL.

“Astra Agro berikan bantuan berupa media pembelajaran berbasis IT yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan belajar peserta didik di rumah,” paparnya.

Materi narasumber adalah pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran Covid-19 berupa metode pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dalam prosesnya dilakukan secara daring (online), semi daring maupun luring dengan pertimbangan lokasi siswa.

Selain itu, juga membagikan berbagai model pembelajaran yang bisa memberikan motivasi dan semangat peserta didik dan orang tua serta mampu menjawab tujuan pembelajaran.

Peserta training ini terdiri dari 2 sekolah internal perusahaan, yakni TK Tunas Persada dan SD Kharisma Persada serta 6 sekolah binaan Astra Agro di PT SKP-CNL, yaitu TK Tunas Ceria, SDN 001 Sangkulirang, SDN 002 Sangkulirang, SDN 015 Sangkulirang, SDN 019 Sangkulirang, dan SMPN 2 Sangkulirang.

Acara ini mendapat sambutan yang sangat baik dari peserta, karena dilihat dari antusiasme para peserta selama training berlangsung.

Peserta training menyebutkan bahwa kegiatan virtual training seperti ini merupakan pengalaman baru bagi mereka, dan juga memberikan ilmu bermanfaat serta motivasi untuk membangun dan mengaktifkan kembali kerja sama antar sekolah, guru, orang tua, dan komite dalam rangka menyukseskan pembelajaran di masa pandemi ini.

Besar harapan Astra Agro, bahwa ilmu yang didapatkan selama training dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran dan peserta training dapat membagikan ilmu yang didapat kepada rekan guru lain. (Adam/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya