KPU Mamuju Rapat Pleno Tetapkan Jumlah DPT Untuk Pilkada Tahun 2020

17 October 2020 15:23
KPU Mamuju Rapat Pleno Tetapkan Jumlah DPT Untuk Pilkada Tahun 2020
KPU Mamuju gelar rapat pleno terbuka rekapitulasi DPSHP serta penetapan DPT pemilihan bupati dan wakil bupati Mamuju 2020, berlangsung di gedung Asrama Haji kompleks Graha Nusa Jalan H Mustafa Katjho, Simboro, Kabupaten Mamuju, Sulbar. (Adhy Putra Siregar/Trans89.com)
.

MAMUJU, TRANS89.COM – KPU Mamuju gelar rapat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) serta penetapan daftar pemilih perbaikan (DPT) pemilihan bupati dan wakil bupati Mamuju 2020, berlangsung di gedung Asrama Haji kompleks Graha Nusa Jalan H Mustafa Katjho, Simboro, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), Jumat (16/10/2020).

Giat rapat pleno DPSHP untuk ditetapkan menjadi DPT pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Mamuju dipimpin langsung Ketua KPU Mamuju Hamdan Dangkang dihadiri Komisioner KPU Mamuju Asriani, Ahmad Amran Nur, Muhammad Rivai dan Hasdaris, Kasi Intelkam Polresta Mamuju AKP Yulianus mewakili Dandi 1418 Mamuju Serka Hasan Tahir, Ketua Bawaslu Mamuju Rusdin, dan Liaison Officer (LO) atau penghubung masing-masing pasangan calon (paslon).

Sambutan Ketua KPU Mamuju, Hamdan Dangkang, mengatakan untuk penetapan DPT nantinya akan kita laksanakan dan ini belum bersifat final dalam artian ketika masih ada masukan dan tanggapan masyarakat khususnya bagi pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS), akan tetapi kalau untuk menambah pemilih baru itu sudah tidak dimungkinkan.

“Bagi yang meninggal dunia atau ada pemilih dalam merubah status tiba-tiba yang bersangkutan lulus menjadi anggota TNI/Polri atau pindah domisili keluar dari wilayah Kabupaten Mamuju, itu semua untuk dilaporkan ke kami untuk kami coret dari daftar DPT,” kata Hamdan.

Menurut dia, penetapan DPT ini menunggu masukan dan tanggapan masyarakat, sehingga kami melihat tadi ada kenaikan DPT.

“Sebelumnya kita tetapkan di daftar pemilih sementara (DPS), artinya apa, berarti kesadaran masyarakat untuk melaporkan dirinya ketika belum terdaftar itu sudah mulai membaik,” tutur Hamdan.

Rekapitulasi DPT pilkada Kabupaten Mamuju tahun 2020, jumlah desa/kelurahan 101, jumlah tempat pemungutan suara TPS 733, jumlah pemilih A1 KWK untuk laki-laki 81.342 dan perempuan 79.177, jumlah 160.519.

Pemilih baru, laki-laki 4.428, perempuan 4.462, jumlah 8.890. Pemilih TMS laki-laki 3.570, perempuan 3.621, jumlah 7.191. Perbaikan data pemilih, laki-laki 1.653, perempuan 1.620, jumlah 3.273. (Adhy/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya