Persiapan Hadapi Demo, Kodam I Bukit Barisan Siapkan Anggotanya Bantu Polda Sumut

16 October 2020 01:58
Persiapan Hadapi Demo, Kodam I Bukit Barisan Siapkan Anggotanya Bantu Polda Sumut
Kodam I Bukit Barisan menyiapkan pasukan untuk membantu Polda Sumut untuk hadapi aksi demo dengan menggelar apel pasukan TNI dari tiga matra di Lapangan Benteng Jalan Pengadilan, Kota Medan, Sumut. (Pendam I Bukit Barisan)
.

MEDAN, TRANS89.COM – Kodam I Bukit Barisan menyiapkan pasukan untuk membantu Polda Sumatera Utara (Sumut) untuk hadapi aksi demo yang anarkis.

Kesiapan itu tergambar dengan dilakukannya apel gelar pasukan TNI dari tiga matra di Lapangan Benteng Jalan Pengadilan, Kota Medan, Sumut.

Apel dalam rangka antisipasi perkembangan situasi di Provinsi Sumut ini dipimpin oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) I Bukit Barisan, Brigjen TNI Didied Pramudito dengan komandan apel Danyon Armed 2/105 KS, Letkol Arm Hendrik Setiawan.

Amanat Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Irwansyah dibacakan Kasdam, Brigjen TNI Didied Pramudito, menyampaikan apel ini digelar sebagai antisipasi dari aksi demo dari beberapa komponen masyarakat pada 8 Oktober 2020 lalu yang kemudian mengarah kepada anarkisme, perusakan dan pembakaran beberapa fasilitas dan perkantoran di seluruh wilayah tanah air.

“Hal ini tentu berpengaruh terhadap situasi keamanan secara nasional. Ancaman terhadap keamanan wilayah merupakan ancaman yang dapat menjatuhkan kehormatan dan kedaulatan negara, martabat serta kewibawaan pemerintah,” papar Didied melalui rilis tertulisnya diterima Redaksi, Kamis (15/10/2020).

Oleh karenanya, ia menyatakan untuk mengantisipasi berbagai potensi ancaman tersebut, TNI khususnya Kodam I bukit Barisan bersama Lantamal I/Belawan, Kosekhanudnas III Medan, Lanud Soewondo serta Wing III Paskhas siap membantu kepolisian bersama institusi terkait lainnya dalam operasi pengamanan secara terpadu dan sistematis.

“Apel gelar pasukan ini, dilaksanakan untuk mengetahui sampai sejauh mana kesiapan satuan jajaran TNI di wilayah Provinsi Sumut secara keseluruhan, baik personel, materiil maupun sarana pendukung pengamanan lainnya,” ujar Didied.

Dirinya berharap pada pelaksanaan pengamanan ini agar lebih ditingkatkan koordinasi dan kerja sama yang terencana, terarah dan terkendali, dengan tetap berpedoman pada disiplin pelaksanaan protokol kesehatan dengan melakukan 3M, yaitu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak, agar sasaran dan tujuan pengamanan dapat dicapai dengan optimal dan sukses.

“Saya berpesan, agar seluruh personel selalu mengantisipasi setiap perkembangan situasi dilapangan maupun usaha-usaha dari pihak tertentu, sehingga wilayah yang menjadi tanggungjawab bersama tetap kondusif dan terjaga dengan aman dan terkendali,” pesan Didied merupakan lulusan Akmil 1987 ini.

Lanjut Kasdam, melalui apel gelar pasukan ini, diharap dapat menambah motivasi dalam melaksanakan tugas pengamanan dengan benar dan sukses, sehingga menjadi kebanggaan dalam pelaksanaan tugas dan kebanggaan masyarakat, dan mewakili Pangdam I Bukit Barisan ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada seluruh prajurit TNI dan Polri.

“Terimaksih kepada semua pihak yang terlibat atas kesiapan tugas masing-masing untuk dapat mewujudkan kesiapan operasional dalam rangka antisipasi perkembangan situasi di Provinsi Sumut. Mari bersama kita jaga dan ciptakan rasa aman kehidupan berbangsa dan bernegara di alam demokrasi ini,” pungkas Didied.

Turut hadir dalam apel gelar pasukan ini, yakni Danlantamal I Belawan, Pangkosekhanudnas, Danlanud Soewondo, Danwing III Paskhas, LO TNI AL, LO TNI AU, para PJU dari Kodam I Bukit Barisan, Lantamal I Belawan, dan Kosekhanudnas III Medan, serta Dandim 0201/BS dan para Danyon BS wilayah Medan. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya