Kunjungan Wamen ART/BPN dan Dirjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kemendes PDTT di Mamuju Tengah

14 October 2020 02:26
Kunjungan Wamen ART/BPN dan Dirjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kemendes PDTT di Mamuju Tengah
Wakil Menteri ATR/BPN, Surya Tjandra bersama Dirjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kemendes PDTT, Muh Nurdin berkunjung ke Kabupaten Mateng, Sulbar. (Damone/Trans89.com)
.

MAMUJU TENGAH, TRANS89.COM – Wakil Menteri (Wamen) Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Surya Tjandra bersama Direktur Jenderal (Dirjen) Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Muh Nurdin berkunjung ke Sulawesi Barat (Sulbar).

Kunjungan kerja Wamen ATR/BPN dan Dirjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kemendes PDTT didampingi Sekretaris Provinsi (Sekrpov) Sulbar, M Idris berlangsung di aula kantor bupati Jalan Tammauni Pue Ballung, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Selasa (13/10/2020).

Hadir di giat tersebut, Ketua DPRD Provinsi Sulbar St Suraidah Suhardi, Kepala Kantor BPN Sulbar Herjon Panggabean, Penjabatsementara (Pjs) Bupati Mateng Andi Bau Akram Dai, Ketua DPRD Mateng Arsal Aras, Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1418 Mamuju Letkol Inf Andi Muh Aras, Kapolres Mateng AKBP Muhammad Zakiy.

Sambutan Pjs Bupati Andi Bau Akram Dai, ucapkan selamat datang kepada Wamen ATR/BPN beserta rombongan di Kabupaten Mateng, semoga dengan kedatangannya memberikan dampak yang besar bagi kemajuan Pemrintah Kabupaten (Pemkab) dan masyarakat Mateng.

“Kabupaten Mateng adalah daerah otonomi baru yang terbentuk sejak tahun 2013 lalu, dan merupakan pemekaran dari Kabupaten Mamuju. Di Kabupaten Mateng masih ada beberapa desa yang tertinggal, dan terimakasih kepada Bapak Wamen yang akan menyerahkan sertifikat kepda warga masyarakat Desa Salundeang,” ucapnya Bau Akram.

Sekprov Sulbar, M Idris jug aucapkan selamat datang kepada Wamen (ATR/BPN dan rombongan yang telah mengunjungi kabupaten termuda di Provinsi Sulbar.

“Selamat kepada transmigrasi yang ada di Sulbar yang telah menerima sertifikat tanah langsung dari Wamen ART/BPN yang tujuannya adalah menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui agraria untuk mengelola tanah dalam meningkatkan taraf hidupnya,” ujar Idris

Dirjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kemendes PDTT, Muh Nurdin mengapresiasi dan penghargaan kepada Pemrintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mateng yang telah memberikan pembukaan penemptan tranmigrasi.

“Kegiatan ini memberikan harapan baru bagi masyarakat transmigrasi yang telah memproleh haknya atas tanah, yakni penyerahan sertifikat,” ujar Nurdina.

Menurut dia, pemerintah telah banyak memberikan perhatian kepada masyarkat, untuk itu diharapkan dengan apa yang telah diberikan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Sertifikat itu jangan diperjualbelikan, justru dapat menjadi modal dan menjadi mitra bagi perusahaan yang ada di sekitarnya,” tutur Nurdin.

Wamen ART/BPN, Surya Tjandra, menyampaikan setelah sertifikasi apakah ada peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat atau malah semakin menurun, dari hal-hal tersebut ini dapat memunculkan berbagai solusi untuk tanah transmigrasi.

“Jika ini dapat dituntaskan, maka memberikan harapan baru bagi masyarakat kita yang berada di transmigrasi untuk memperoleh hak atas tanah yang akan dikelolahnya,” papar Surya.

Ia menjelaskan, pemberdayaan itu sangat diperlukan untuk kemajuan suatu daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pemerintah itu tidak bisa bekerja sepotong-epotong, harus jangka panjang,” jelas Surya.

Dilanjutkan penyerahan sertifikat oleh Wamen ART/BPN didampingi Dirjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kemendes PDTT, Kepala Kantor BPN Sulbar, Sekprov Sulbar dan Pjs Bupati Mateng.

Kemudian Wamen ART/BPN dan rombongan kunjungan kegiatan usaha Badan Usaham Milik Desa (BUMdes) Kainoto di Desa Topoyo dengan membuka usaha seperti kolam pemancingan, kuliner, dan penjualan pupuk organik. (Damone/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya