Hasil Survei GSI, Paslon Saal-Musawir Ungguli Lawannya di Pilkada Pasangkayu

09 October 2020 16:08
Hasil Survei GSI, Paslon Saal-Musawir Ungguli Lawannya di Pilkada Pasangkayu
Direktur Eksekutif PT General Survei Indonesia, Herman Lilo. (Anhar/Trans89.com)
.

MAMUJU, TRANS89.COM – Pasangan calon (paslon) nomor urut satu dipridiksi bakal memenangkan pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Pasangkayu.

Dari hasil survei PT General Survei Indonesia (GSI) menunjukkan pasangan Muhammad Saal dan Muzawir Az Isham tertinggi 35,4%, disusul Yaumil Ambo Djiwa dan Herny Agus 28,2%, dan Abdullah Rasyid dan Muhammad Yusri Nur 17,3%.

Hasil survei tersebut disampaikan Direktur Eksekutif PT GSI Herman Lilo saat berada di Mamuju beberapa waktu lalu kepada sejumlah media, terkait pilkada Pasangkayu.

Ia menjelaskan, dari survei para kandidat di pilkada Pasangkayu, masih ada yang tidak memberikan jawaban 19,1%, dan itu menjadi swing voters yang akan di perebutkan tiga paslon.

“Dari hasil survei ini, bisa diyakini pasangan Saal-Musawir akan menang. Misalnya pemilihan hari ini di pastikan menang, karena melampaui margin of error, lalu kemudian ketika pertarungan sampai nanti 9 Desember ini sangat sulit di kejar, jikapun ada peristiwa luar biasa. Apalagi jika situasinya normal, biasa seperti sekarang ini,” jelas Herman di salah satu warkop di Mamuju, Kamis (8/10/2020).

Menurut dia, pasangan Saal dan Muzawir Insya Allah tanggal 9 Desember nanti akan menjadi pemenang.

“Isu yang menguntungkan buat pasangan ini (Saal-Musawir) adalah lawannya diasosiasikan dengan dinasti. Meski secara regulasi itu tidak dilarang, tapi secara etika dan moral itu sebuah pembodohan terhadap proses demokrasi,” tutur Herman.

Ia menyebutkan, ini menjadi perjuangan kelompok milenial atau generasi baru yang muncul yang mulai terdidik secara politik untuk memperjuangkan daerahnya.

“Hal ini bagaimana tidak dikuasai oleh satu keluarga saja. Itu paling banyak menguntungkan pasangan ini,” sebut Herman.

Herman mengemukakan, adapun proses survei yang dilakukan rentan waktu 14-21 September 2020, dengan menentukan populasi bagi pemilih baik yang cukup umur maupun yang sudah menikah, dan terdistribusi secara proporsional disemua kecamatan di Kabupaten Pasangkayu.

“Adapun jumlah responden sebanyak 440 orang, terbagi merata antara laki-laki dan perempuan, dengan menggunakan metode multistage random sampling atau sampel yang besar dengan kepercayaan 95%. Adapun margin error 5%,” ujar Herman.

Lanjut Herman, hasil survey itu kita lakukan lagi quality control untuk memastikan tingkat kepercayaan dari data yang ada, itu bisa mencapai 30%.

“Total sampel itu kita ada pendampingan dengan cara kroscek pasca wawancara. Ini yang penting untuk memastikan bahwa data yang muncul itu valid. Kami PT GSI akan berencana kembali melakukan survei jelang akhir tahapan pilkada Pasangkayu,” tambahnya. (Anhar)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya