Bupati Pasangkayu Serahkan Secara Simbolis BLT dan PKH Ke Warga Saptanajaya

09 October 2020 01:44
Bupati Pasangkayu Serahkan Secara Simbolis BLT dan PKH Ke Warga Saptanajaya
Pemerintah Desa Saptanajaya kembali salurkan BLT DD dan PKH dihadiri langsung Bupati Pasangkayu, Ambo Djiwa di kantor Desa Saptanajaya, Kecamatan Duripoku, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Sarwo Kartika Roni/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Pemerintah Desa Saptanajaya kembali salurkan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD) tahap VI sebesar Rp300.000 per-kepala keluarga (KK) dan program keluarga harapan (PKH) berupa bantuan beras sebanyak 15 kilogram (kg) per-KK.

Penyerahan bantuan tersebut dihadiri langsung Bupati Pasangkayu, Ambo Djiwa kepada masyarakat berlangsung di kantor Desa Saptanajaya, Kecamatan Duripoku, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Kamis (8/10/2020).

Nampak hadir di giat tersebut, Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) M Iqbal S Pali, Camat Duripoku Elsi, Kepala Desa (Kades) Saptanajaya Lalu Zakaria, Ketua BPD Saptanajaya Imranto, Babinsna Saptanajaya dan Taranggi Serda Jemi Yehezkiel, Bhabinkamtibmas Saptanajaya dan Taranggi Bripka Felix L.

Sambutan Bupati Agus mengatakan, penyaluran BLT DD tahap VI dan dan PKH ini diperuntukan bagi masyarakat tidak mampu yang terdampak pandemi Covid-19.

“Ini merupakan upaya pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Sosial (Kemensos) melalui APBD, untuk membantu beban masyarakat yang kurang mampu dan kehilangan mata pencaharian ditengah pandemi Covid-19,” kata Agus.

Menurut dia, pemberian bantuan ini dengan adanya himbauan pemerintah terkait pembatasan aktivitas di luar rumah ditengah Pandemi Covid-19.

“Pandemi Covid-19 ini kita tidak tahu kapan berkahir yang setiap saat bisa mengancam kesehatan bahkan bisa mengakibatkan korban jiwa, jadi mari tetap mematuhi protokol kesehatan,” tutur Agus.

Kades Saptanajaya, Lalu Zakaria, menyampaikan pembagian BLT dan PKH diberikan kepada masyarakat yang layak mendapatkannya sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

“Pelaksanaan pendataan dan pembagian BLT dan PKH dilakukan secara transparan kepada masyarakat Desa Saptanajaya,” papar Lalu.

Ia menjelaskan, setiap KK mendapatkan BLT DD sebesar Rp300.000 per-kepala keluarga (KK) dan PKH sebanyak 15 kg beras per-KK.

“Penerima BLT-DD sesuai daftar berjumlah 110 KK masing-masing dusun, yakni Dusun Siap Berkembang 22 KK, Setia Makmur 23 KK, Semangat Baru 17 KK, Ika Utama 19 KK, Bina Karya 29 KK dengan jumlah penerima 110 KK. Sementara penerima PKH berjumlah 13 KK, yakni Dusun Siap Berkembang 1 KK, Setia Makmur 3 KK, Semangat Baru 4 KK, Ika Utama 1 KK, Bina Karya 4 KK dengan jumlah penerima 13 KK,” jelas Lalu.

Sementara Babinsa Desa Saptanajaya dan Taranggi, Serda Jemi Yehezkiel, berharap kepada masyarakat penerima BLT DD dan PKH dengan tetap mengikuti ketentuan yang telah diatur oleh pemerintah.

“Dalam pelaksanaan penyalran bantuan ini, saya bersama Babinkhantibmas mengamankan jalannya kegiatan dengan mengimbau warga untuk tetap mengikuti protokol kesehatan,” imbuhnya. (Sarwo/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya