Pemkab Mamuju Tengah Serahkan Bantuan Bahan Bangunan Rumah Kepada Korban Kebakaran di Desa Topoyo

08 October 2020 08:17
Pemkab Mamuju Tengah Serahkan Bantuan Bahan Bangunan Rumah Kepada Korban Kebakaran di Desa Topoyo
Pemkab Mateng menyerahkan bantuan BBR bagi warga korban kebakaran Desa Topoyo berlangsung di aula kantor bupati, Jalan Tammauni Pue Ballung, Kabupaten Mateng, Sulbar. (Damone/Trans89.com)
.

MAMUJU TENGAH, TRANS89.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju Tengah (Mateng) menyerahkan bantuan bahan bangunan rumah (BBR) bagi warga korban kebakaran Desa Topoyo berlangsung di aula kantor bupati, Jalan Tammauni Pue Ballung, Kabupaten Mateng, Sulawesi Barat (Sulbar), Selasa (6/10/2020).

Sambutan Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Mateng, Albar As’Ad, mengatakan musibah kebakaran itu sudah lebih dari satu tahun, namun realisasi bantuan dari pemerintah pusat khususnya dari Kementerian Sosial (Kemesos) melalui Direktorat Penanganan Korban Bencana Sosial baru hari ini dapat direalisasikan.

“Bentuk bantuan yang akan diterima oleh korban bencana kebakaran ini, berupa dana dengan jumlah total 28.000.000 tiap kepala keluarga (KK), yakni bantuan bahan bangunan sebesar Rp25.000.000 dan isian hunian sementara (huntara) Rp3.000.000. Dan kami ucapkan terima kasih kepada orang tua kita Aras Tammauni yang senantiasa mensupport untuk tidak putus asa dalam memperjuangkan bantuan ini,” kata Albar.

Ketua DPRD Mateng, Arsal Aras mengapresiasi pemerintah daerah yang memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkenah musibah ditahun lalu.

“Kita berharap masyarakat dapat memanfaatkan bantuan dari pemerintah sesuai dengan peruntukannya, sehingga apa yang menjadi harapan pemerintah untuk masyarakat yang terkena musibah ini dapat tercapai,” ujar Arsal.

Ia menyebutkan, bantuan ini yang bersumber dari pusat melalui Dinsos, dan bantuan ini tidak akan turun dengan sendirinya tanpa melalui mediasi dan kerja keras dinas terkait.

“Semestinya bantuan ini bisa dirasakan pasca kebakaran kemarin, namun dengan adanya beberapa hal sehingga hari baru dapat tersalurkan. Kami selaku DPRD Mateng sangat mengapresiasi kepada pemerintah daerah atas perhatian yang diberikan, semoga bantuan ini dapat bermanfaat dengan baik,” sebut Arsal.

Penjabatsementara (Pjs) Bupati Mateng, Andi Bau Akram Dai, menyampaikan bantuan BBR ini merupakan suatu bentuk kepedulian pemerintah daerah (Pemda) Mateng untuk dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena bencana.

“Bantuan ini tidak seberapa banyak atau mungkin tidak cukup untuk membagun sebuah rumah, namun kita berharap dengan bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan peruntukannya,” papar Bau Akram.

Dirinya mengemukakan, pada masa pandemi Covid-19 ini tidaklah mudah kita mendapatkan uang yang sebesar ini, upaya dan usaha kawan-kawan kita di Dinsos Kabupaten Mateng yang bersungguh-sungguh mengawal usulan ini sampai Kemensos, sehingga hasilnya kita saksikan pada hari ini.

“Olehnya itu, saya mengapresiasi kawan-kawan Dinsos Mateng atas perjuangannya dalam mendapatkan bantuan ini sehingga hari ini kita salurkan ke warga,” ujar Bau Akram.

Penyerahan bantuan ini Pemkab Mateng kepada masyarakat tertimpa musibah kebakaran pada tanggal 31 Agustus tahun 2019 lalu di Desa Topoyo, sejumlah 97 KK menjadi korban kebakaran, namun yang menerima bantuan hanya 44 KK sesuai persyaratan peraturan perundang-undangan, karena yang lainnya merupakan fasilitas pasar dan umum bukan tempat tinggal. (Damone/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya