Bawaslu Pasangkayu Gelar Pembekalan ke Panwascam Tahapan Kampanye dan Pembentukan Pengawas TPS

01 October 2020 15:45
Bawaslu Pasangkayu Gelar Pembekalan ke Panwascam Tahapan Kampanye dan Pembentukan Pengawas TPS
Bawaslu Pasangkayu gelar rapat pembekalan bagi para anggota panitia panwascam dalam mengawasi tahapan kampanye dan teknis pembentukan pengawas TPS di pilkada tahun 2020 berlangsung kantor Bawaslu Jalan Muh Hatta, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Sarwo Kartika Roni/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANs89.COM – Bawaslu Pasangkayu gelar rapat pembekalan bagi para anggota panitia pengawas pemilu kecamatan (panwascam) dalam mengawasi tahapan kampanye dan teknis pembentukan pengawas tempat pemungutan suara (TPS) di pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2020 berlangsung kantor Bawaslu Jalan Muh Hatta, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Rabu (30/9/2020).

Hadir di giat tersebut, Ketua Bawaslu Pasangkayu Ardi Trisandi, Komisioner Bawaslu Pasangkayu Syamsuddin dan Nurliana, para petugas Panwascam se-Kabupaten Pasangkayu.

Dalam sambutan Ketua Bawaslu Pasangkayi, Ardi Trisandi, mengatakan pada prinsipnya kesiapan dan kepedulian bersama rakyat awasi pemilu, tapi kita belum bisa mengukur esensinya.

“Saya menegaskan ke panwascam bagaimana mengintropeksi diri dulu, dimana potensi dinamika pemilu kemungkinan besar sasarannya ke penyelenggara dulu baru ke lawannya,” kata Ardi.

Ia mengatakan, banyak orang mencari celah untuk menciptakan gaduh pilkada, dan kami tegaskan penyelenggara kita pengawas pemilu agar betul menjaga integritas, dan semua pengawas agar mengantongi surat tugas, karena diperkirakan ada pasangan calon (paslon) yang sudah menyediakan advokat (pengacara) untuk menyerang kita.

“Setiap kita lakukan pengawasan minimal kita jaga jarak, menggunakan masker serta menggunakan alat pelindung diri (APD) sesusi protokoler kesehatan,” kata Ardi.

Komisioner Bawaslu, Syamsudin, menyampaikan kegiatan ini kita laksanakan terkait pengawasan partisipatif di situasi pandemi Covid-19.

“Saat ini ada perlu pengawasan panwascam, pahami regulasi tahapan pemilu, dan langkah yang harus dilakukan pengawasan pemilu, dimana kita yang taat dulu, baru kita lakukan pengawasan tahapan pemilu dengan memberikan contoh di situasi pandemi Covid-19,” papar Syamsuddin.

Ia meminta kepara panwascam agar menjaga intregitas dan kuasai teknis pengawasan, karena panwascam adalah perpanjang tangan dari Bawaslu kabupaten, jadi rekan panwascam agar perhatikan ketika ada permintaan data.

“Kita Bawaslu akan menjadi sorotan pertama dari para kontestan, dan untuk lakukan pencegahan jangan pernah menganggap biasa saja saat lakukan pengwasan. Maka ketaatan dan kepatuhan rekan panwascam terhadap tugas pokoknya merupakan sesuatu yang kita lakukan sudah benar belum tentu baik di pimpinan,” ujar Syamsudin.

Menurut dia, terkait kegiatan kampenye, tolong benar pahami surat pemberitahuan selain ditembuskan ke kepolisian, KPU dan Bawaslu, apakah sudah sesui protokoler kesehatan di suratnya.

“Ke depankan pencegahan dan upaya Persuasif di situasi pandemi Covid 19. Pola rekan-rekan bekerja sesuai perundangan-undangan yang berlaku,” tutur Syamsudin.

Sementara Komisioner Bawaslu, Nurliana, menjelaskan kami sudah bisa menilai kegiatan panwascam, karena sudah banyak tahapan pilkada dilalui, jadi rekan kalau masih pola itu kita pakai, kita tidak bisa ikuti pengawasan.

“Fungsi panwascam semua bisa laksanakan pengawasan tahapan pemilu. Jadi saya tegaskan agar disiplin, karena kami tidak bisa lakukan penindakan tanpa ada data akurat dari rekan-rekan sekalian,” jelasnya.

Lanjut Nurliana, terkait penertibano itu tidak serta merta dilakukan, harus dilakukan kajian.

“Ketika malas membuka informasi ke grup, jadi informasi meraka terlambat, kalau pengawas itu minimal kuasai tugas pokonya,” tambahnya.

Giat dilanjutkan pemberian materi pembekalan panwascam tahapan kampanye dan teknis pembentukan pengawas TPS Pemilu tahun 2020 Kabupaten Pasangkayu. (Sarwo/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya