Warga Dusun Karang Anyar dan Kaliasin di Situbondo Tutup Akses Jalan Masuk Ke Tambak PT Sidojoyo

29 September 2020 00:16
Warga Dusun Karang Anyar dan Kaliasin di Situbondo Tutup Akses Jalan Masuk Ke Tambak PT Sidojoyo
Sejumlah warga Dusun Karang Anyar dan Kaliasin serta perangkat Desa Tanjung Pecinan lakukan aksi penutupan akses jalan masuk menuju proyek tambak PT Sidojoyo di pertigaan jalan masuk Dusun Karang Anyar, Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, Jatim. (Adi Nugroho/Trans89.com)
.

SITUBONDO, TRANS89.COM – Sejumlah warga Dusun Karang Anyar dan Kaliasin serta perangkat Desa Tanjung Pecinan dipimpin Kepala Desa (Kades) Tanjung Pecinan, Untung lakukan aksi penutupan akses jalan masuk menuju proyek tambak PT Sidojoyo di pertigaan jalan masuk Dusun Karang Anyar, Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur (Jatim), Senin (28/9/2020).

Aksi penutupan tersebut dilakukan untuk meminta pihak pemilik tambak atau penanggungjawab tambak PT Sidojoyo, Kris untuk mempertanggungjawabkan jalan desa yang dilalui oleh kendaraan dam truck sehinga alami kerusakan dan keluhan warga terkait dampak bau dari tambak PT Sidojoyo sampai sekarang belum terselesaikan.

Selanjutnya dilakukan mediasi dihadiri, Kades Tanjung Pecinan Untung, manager arsitek tambak PT Sidojoyo David, kontraktor material tanah proyek PT Sidojoyo Hanipun, LSM Siti Jenar Eko, Kanit Reskrim Polsek Mangaran Aiptu Nyoman, Babinsa Tanjung Pecinan Serka Saifuddin, Bhabinkamtibmas Tanjung Pecinan Bripka Sigit, Sekdes Tanjung Pecinan Masudi, dan perwakilan warga Dusun Karang Anyar dan Kaliasin sekitar 20 orang.

Penyampaian kontraktor material tanah proyek PT Sidojoyo, Hanipun mengatakan dirinya yang menyuplai material ke proyek pengembangan tambak PT Sidojoyo dan awalnya sudah pamitan ke Kades untuk memasukkan material ke proyek pengembangan tambak PT Sidojoyo.

“Saya berharap permasalahan ini diselesaikan antara pihak tambak dengan warga Dusun Karang Anyar dan Kaliasin,” kata Hanipun.

Menurut dia, terkait dukungan sumbangan ke Mesjid di Dusun Karang Anyar nantinya akan memberikan juga dukungan sumbangan ke Mesjid di Dusun Kaliasin.

“Masalah penyiraman tanah, saya akan membayar warga yang sanggup melakukan penyiraman,” tutur Hanipun.

Dirinya menyebutkan, terkait permasalahan bau, akan melakukan perbaikan saluran pembuangan, sedangkan bau dari tambak PT Sidojoyo yang lama bukan tanggungjawabnya.

“Terkait penyerapan pekerja PT Tambak Sidojoyo, 80% diutamakan warga Dusun Karang Anyar dan Kaliasin,” sebut Hanipun.

Sekdes Tanjung Pecinan, Masudi, menyatakan rasa prihatin atas kejadian ini, dan seharusnya sebelum permasalahan ini terjadi agar dirembukkan terlebih dahulu.

“Agar kesepakatan bisa diselesaikan antara pihak tambak dengan warga Dusun Karang Anyar. Terkait masalah bau dari pihak Dinas Lingkunga Hidup (DLH) akan melakukan uji laboratorium limbah tambak PT Sidojoyo,” ujar Masudi.

Kades Tanjung Pecinan, Untung, menyampaikan bahwa pihak tambak harus ada kesepakatan secara tertulis dengan pihak warga Dusun Karang Anyar.

“Saya sebagai Kades memohon kepada warga agar 17 mobil dum truck yang sudah berada di lokasi membawa material tanah agar diizinkan masuk untuk bongkar ke lokasi, dan setelah selesai pembongkaran material tersebut dipastikan tidak akan ada lagi mobil dum truck yang datang,” papar Untung.

Lanjut Untung, mulai hari ini selesai pembongkaran 17 unit mobil dum truck tidak akan ada lagi pengiriman material ke lokasi tambak PT Sidojoyo.

“Jadi tidak adalagi pembongkaran material di arwal tambak sebelum adanya kesepakatan dengan warga serta pihak Desa Tanjung Pecinan,” tambahnya. (Adi/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya