Tetapkan Jumlah APK dan BK Paslon, KPU-Bawaslu Rakor Bersama Tim Kampanye

29 September 2020 19:02
Tetapkan Jumlah APK dan BK Paslon, KPU-Bawaslu Rakor Bersama Tim Kampanye
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Menjalankan tahapan Pilkada 2020 memasuki tahap kampanye, KPU Kabupaten Pasangkayu menetapkan jumlah maksimal Alat Peraga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK).

Penetapan jumlah APK tersebut merupakan hasil Rapat Koordinasi (Rakor) KPU bersama masing- masing tim kampanye Paslon yang dihadiri Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), di Aula kantor KPU dijalan Ir Soekarno Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Senin (28/09/2020).

Komisioner KPU Kordiv Sosdiklihparmas & SDM Heriansyah mengatakan, adapun APK tambahan yang ditetapkan oleh KPU seperti baliho paling banyak 10 buah per Paslon, umbul-umbul paling banyak 20 buah per kecamatan per Paslon, spanduk paling banyak 4 buah disetiap desa dan kelurahan per Paslon

Sementara bahan kampanye Bahan Kampanye tambahan, seperti Poster, Brosur, Flyer atau selebaran, Pamflet. Untuk setiap jenis bahan kampanye masing-masing paling banyak 66.630 lembar per Paalon.

“Jadi sangat jelas untuk kita sepakat bersama. Dan jumlah tersebut kemudian ditetapkan oleh KPU Kabupaten Pasangkayu sebagai jumlah maksimal APK dan BK yang dapat dicetak secara mandiri oleh masing2-masing Paslon,” jelas Heriansyah.

Selain APK dan BK, lanjut Heriansyah, adapun tambahan APK dan BK yang dicetak secara mandiri oleh masing-masing Paslon KPU akan memfasilitasi, diantaranya APK, baliho sebanyak 5 buah, spanduk sebanyak 1 buah per desa, umbul-umbul sebanyak 10 buah per kecamatan untuk masing-masing Paslon. Dan bahan kampanye seperti, poster, flower, dan brosur
sebanyak masing 10.000 buah per Paslon.

“Selain APK & Bahan Kampanye tambahan yg akan ditetapkan, kita juga masih sementara menunggu titik pemasangan APK dari Pemda. Kami sudah bersurat kemarinarin,” jelas Heriansyah.

Pada kesempatan rakor tersebut, Ketua Bawaslu pasangkayu, Ardi Trisandi menghimbau kepada seluruh tim kampanye Paslon untuk melakukan penertiban APK yang sudah terpasang sebelum penetapan Paslon secara mandiri.

“Karna ini sudah memasuki tahapan kampanye, dalam waktu dekat ini kami akan bersurat secara resmi ke masing-masing Paslon terkait penertiban APKnya secara mandiri,” imbau Ardi. (Yusuf/Ndi)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya