Agus : Teruslah Berjuang Untuk Kepentingan Masyarakat Petani Sawit

Musda I DPD Apkasindo Pasangkayu

29 September 2020 00:22
Musda I DPD Apkasindo Pasangkayu
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Pengurus Apkasindo Propinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar Musyawarah Daerah (Musda) I DPD Apkasindo Kabupaten Pasangkayu. Musda pembentukan pengurus Apkasindo tersebut bertujuan untuk membantu mewujudkan hak-hak para petani disekitar perusahaan perkebunan untuk mendapatkan pembangunan kebun sawit masyarakat

Musda yang turut dihadiri Bupati Pasangkayu Dr Agus Ambo Djiwa, Ketua DPW Apkasindo Sulbar Sukidi Wijaya, Sekretaris DPW Apkasindo Andi Tahmid, Anggota DPR Pasangkayu Putu Suardana, Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Mujahid, Kepala Dinas Perhubungan Yunus Alsam, serta perwakilan kelompok tani, di kediaman salah satu petani sawit, di jalan Cakalang Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Senin (28/09/2010).

Dalam sambutan Ketua Apkasindo Sulbar Sukidi Wijaya mengatakan, sebahagian masyarakat di Pasangkayu adalah petani sawit, untuk itu keberadaan pengurus Apkasindo yang berfungsi membantu mempersiapkan petani kelapa sawit menjadi petani yang mandiri dan profesional yang mampu bersaing dalam era globalisasi, sangatlah dibutuhkan.

“Kita bersama-sama berpikir, kepengurusan DPD Apkasindo di Pasangkayu sudah seharusnya ada, jika dilihat dari sebahagian besarnya masyarakat nya adalah petani sawit,” kata Sukidi.

Ia berharap, dengan hadirnya kepengurusan DPD Apkasindo Kabupaten di Pasangkayu bisa membantu mewujudkan hak-hak para petani disekitar perusahaan perkebunan untuk mendapatkan pembangunan kebun sawit masyarakat minimal 20 persen dari total luas areal yang diusahakan perusahaan perkebunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani sawit secara nyata.

“Seperti dengan misinya Apkasindo hadir di Kabupaten Pasangkayu ini tidaklah lain untuk bagaimana mewujudkan hak untuk mendapatkan pembangunan kebun sawit bagi petani, khususya petani yang domisili di Kabupaten Pasangkayu ini,” sebutnya

Dirinya juga meminta maaf kepada peserta Musda, dimana kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan lebih awal yakni pada tanggal 27 September, disalah satu hotel di Pasangkayu dengan undangannya yang beredar sebanyak 300 peserta, diundur karena sesuatu dan lain hal terutama disaat ini Pandemi Covid-19.

“Mewakili pengurus Apkasindo Propinsi, saya meminta maaf kepada seluruh peserta Musda atas pengunduran acara ini, dimana akan dilaksanakan di Aula hotel, tapi pada kenyataannya kita laksanakan di kediaman salah satu petani yakni pak Putu Purjaya,” maaf Sukidi.

Untuk itu, lebih lanjut Sukidi, meminta kepada pak bupati untuk merespon dan mensupport kehadiran Apkasindo di Pasangkayu, karena pemerintah bersama Apkasindo mempunyai tujuan yang yakni bagaimana kesejahteraan masyarakat khususnya para petani sawit yang diPasangkayu ini.

“Sekali lagi, saya sangat-sangat harapkan kepada pak bupati Pasangkayu, agar bisa membantu DPD Apkasindo Pasangkayu melalui penganggaran, agar organisasi ini bisa berjalan sesuai yang diharapkan,” pinta Sukidi

Pada kesempatan membawakan sambutan, Dr Agus Ambo Djiwa mengapresiasi terbentuk kepengurusan DPD Apkasindo di Pasangkayu. Dengan adanya pengurus baru ini telah selain diharapkan membantu masyarakat, juga biaa membantu anggota DPRD untuk mengetahui informasi – informasi terkait petani kelapa sawit

“Saya berharap kepada Apkasindo ini terus berjuang untuk petani dan menjemput bantuan-bantuan untuk petani dari pemerintah pusat serta mampu membina petani agar lebih baik dan bisa sukses bersama,” minta Agus. (Yusuf/Ndi).

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya