LSM GRIB Probolinggo Minta Pj Kades Warujinggo di Nonaktifkan

29 September 2020 00:38
LSM GRIB Probolinggo Minta Pj Kades Warujinggo di Nonaktifkan
LSM Gerakan Rakyat Indonesia Baru unjuk rasa menuntut Pj Kades Warujinggo untuk mundur dari jabatannya, berlangsung di kantor Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, Jatim. (Adhitya/Trans89.com)
.

PROBOLINGGO, TRANS89.COM – Sejumlah massa dari LSM Gerakan Rakyat Indonesia Baru (GRIB) unjuk rasa menuntut Penjabat (Pj) Kepala Desa (Kades) Warujinggo, Hendro Purwanto untuk mundur dari jabatannya karena diduga telah menyalahgunakan wewenangnya dengan menyewakan tanah kas desa (TKD).

Aksi massa LSM GRIB dipimpin Samsi berlangsung di kantor Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Jatim), Senin (28/9/2020).

Orasi Samsi, mengatakan kami menuntut Pj Kades Warujinggo, Hendro Purwanto untuk mundur dari jabatannya, karena diduga telah menyalahgunakan wewenangnya dengan menyewakan TKD dan hasilnya digunakan diduga untuk kepentingan pribadi dan bukan kemaslahatan serta kemakmuran masyarakat Desa Warujinggo.

“Kami meminta Pj Kades Warujinggo, Hendro Purwanto untuk mengembalikan uang sewa TKD tersebut dan meminta kepada Camat Leces agar bertindak sesuai dengan kewenangannya secara transparan untuk menyampaikan hasilnya kepada masyarakan juga secara berjenjang melaporkan kepada Bupati Probolinggo,” kata Samsi.

Tanggapan Camat Leces, M Syaifuddin, menyampaikan terkait pengolalaan TKD di Desa Warujinggo tersebut sudah sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Probolinggo nomor 98 tahun 2018 tentang pengelolaan aset desa.

“Dengan adanya hal ini, kami pihak kecamatan Leces sesuai dengan kewenangan akan mengiventarisir pemasukan dari semua aset desa yang ada nantinya akan dimasukan sebagai pendapatan asli Desa Warujinggo,” papar Syaifuddin.

Ia berharap dan meminta kepada pihak LSM BRIB selaku lembaga kontrol dalam bertindak dilapangan harus sesuai dengan kapasitasnya.

“Terkait masalah tuntutan untuk menon aktif Pj Kades Warungjinggo harus sesuai aturan perundang-undang yang berlaku dan melalui tahapan-tahapan tertentu, mengingat hal tersebut bukan kapasitas atau kewenangan seorang camat,” ujar Syaifuddin.

Lanjut Syaifuddin, terkait ketidak hadiran Pj Kades Warujinggo dalam giat ini tidak ada permintaan dari LSM GRIB.

“Permintaan peserta aksi tidak tertera dalam poin tuntutan dalam surat pemberitahuan aksi yang dilayangkan kepada kami untuk menghadirkan Pj Kades Warujinggo,” tambahnya. (Adhitya/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya