Banser Sampaikan Pernyataan Moral Mendukung Pilkada Damai di KPU Gunungkidul

29 September 2020 00:33
Banser Sampaikan Pernyataan Moral Mendukung Pilkada Damai di KPU Gunungkidul
Banser Gunungkidul sampaikan sikap moral dalam pelaksanaan pilkada serentak agar kondusif, aman, lancar, sejuk, damai, bermartabat, jujur, adil dan sehat di masa pandemi Covid-19, berlangsung di kantor KPU Jalan Kidemang Wonopawiro, Dusun Ngreboh, Piyaman, Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. (Rafli Hamka/Trans89.com)
.

GUNUNGKIDUL, TRANS89.COM – Banser Gunungkidul sampaikan sikap moral dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak Kabupaten Gunungkidul tahun 2020, agar kondusif, aman, lancar, sejuk, damai, bermartabat, jujur, adil dan sehat di masa pandemi Covid-19.

Penyampaian pesan moral Banser berlangsung di kantor KPU Jalan Kidemang Wonopawiro, Dusun Ngreboh, Piyaman, Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta, Senin (28/9/2020).

Hadir di giat tersebut, Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani, Komisioner KPU Gunungkidul Andang Nugroho, Rohmad Qomarudin, Asih Nuryanti dan Supami, Sekretaris KPU Gunungkidul Budi Haryanto, Komandan Banser Gunungkidul Riswanto AR.

Sambutan Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani, ucapkan selamat datang kepada Komandan Banser Gunungkidul dan pengrus harian, Kepala Divisi Satkorcab Banser Gunungkidul di kantor KPU Gunungkidul.

“Tahapan pilkada telah di laksanakan dengan tertib, aman, lancar dan sempat di hentikan karena Covid-19, namun saat ini dilanjutkan dimana saat ini masuk dalam tahapan kampanye bagi pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Gunungkidul,” ucap Ruslan.

Ia juga ucapkan terimakasih Satkorcab Banser Gunungkidul yang mendukung dalam pelaksanaan pilkada tahun 2020 yang sejuk, aman, damai dan sehat di masa pandemi Covid-19 ini.

“Pilkada adalah hajat kita semua, agar pilkada bisa berjalan baik lancar aman sejuk damai dan sehat. Silahkan dari Banser Gunungkidul menyampaikan maksud dan tujuan ke KPU Gunungkidul,” ujar Ruslan.

Komandan Banser Gunungkidul, Riswanto AR, mengatakan terimakasih kepada Ketua dan Komisioner KPU Gunungkidul yang telah menerima kami dari Satkorcab Banser Gunungkidul

“Adapun inti yang akan saya sampaikan dalam pelaksanaan pilkada di Gunungkidul, poin utamanya terkait pelaksanaan pilkada damai dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19,” kata Riswanto.

Menurut dia, dengan adanya pelaksanaan pemilihan bupati/wakil bupati di wilayah Kabupaten Gunungkidul ditengah pandemi Covid-19 yang belum meredah dan telah memasuki tahapan kampanye, tentunya akan semakin meningkat tensi politik dan akan berpengaruh pada kehidupan sosial bermasyarakat.

“Banser sebagai bagian dari masyarakat adalah badan semi otonom Ansor yang memiliki hak politik secara pribadi, namun lepas atau tidak terbentuk dalam wadah partai politik (parpol) apapun serta terlepas dari kepentingan parpol,” tutur Riswanto.

Dirinya mengemukakan, dalam rangka menjaga dinamika kehidupan bermasyarakat dan mendukung stabilitas keamanan sekaligus sebagai perekat hubungan antar umat selama pelaksanaan pilkada Gunungkidul, Banser Satkorcab XI-05 Gunnugkidul bersama kepala-kepala divisi dari unsur pengurus harian Satkorcab Kab Gunungkidul siap dan mendukung penyelenggara pilkada untuk mewujudkan terlaksananya pilkada Gunungkidul.

“Adapun tujuan kedatangan Banser Gunungkidul ke KPU Gunungkidul, yakni sebagai organisasi masyarakat (ormas) non parpol berupaya berpartisipasi dan berperan aktif bersama TNI/Polri dalam menjaga stabilitas keamanan di Kabupaten Gunungkidul pada umumnya,” ujar Riswanto.

Lanjut Rsiwanto, selain mendukung KPU Gunungkidul, Banser juga ditujukan kepada simpatisan paslon, relawan dan seluruh warga masyarakat untuk bisa bersama-sama menciptakan pilkada damai serta tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 selama pelaksanaan pilkada.

“Sedangkan alasan kegiatan ini dilaksanakan, untuk meminimalisir adanya perpecahan dari dampak pilkada di Gunungkidul kedepan,” tambahnya.

Dilnajutkan pernyataan sikap Banser Gunungkidul dan penandatanganan pernyataan sikap dari Banser dan KPU Gunungkidul.

Ketua KPU Gunungkidul, Ruslan kembali ucapkan terimakasih kepada Banser Gunungkidul yang akan berperan aktif dan mendukung pilkada.

“Kami Komisioner KPU gunungkidul ucapkan terimaksih kepada Banser yang berperan aktif mendukung pilkada berjalan sejuk, damai, aman, lancar, kondusif dan sehat dalam masa pandemi Covid-19 ini,” ucapnya. (Rafli/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya