KPU Pasangkayu Uji Publik DPS Untuk Beri Ruang Tanggapan Masyarakat

26 September 2020 20:39
KPU Pasangkayu Uji Publik DPS Untuk Beri Ruang Tanggapan Masyarakat
KPU Pasangkayu lakukan uji publik DPS pada pemilihan bupati dan wakil bupati Pasangkayu tahun 2020 di bagi menjadi 2 zona dan salah satunya berlangsung di aula Kantor Desa Kasoloang, Kecamatan Bambaira, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Humas KPU Pasangkayu)
.

PASANGKAYU, TARNS89.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pasangkayu lakukan uji publik daftar pemilih sementara (DPS) pada pemilihan bupati dan wakil bupati Pasangkayu tahun 2020.

Kegiatan yang dilaksanakan di seluruh desa/kelurahan se-Kabupaten Pasangkayu ini di bagi menjadi 2 zona, yaitu zona 1 dilaksanakan tanggal 26 September 2020 meliputi Kecamatan Sarjo, Bambaira, Bambalamotu, Pasangkayu, Pedongga, dan Tikke Raya.

Sementara zona 2 dilaksanakan tanggal 27 September 2020 meliputi Kecamatan Lariang, Bulutaba, Baras, Sarudu, Dapurang, dan Duripoku.

Komisioner KPU Pasangkayu Koordinator Divisi (Kordiv) Perencanaan, Data dan Informasi, Syahrudin, mengatakan uji publik ini dilakukan untuk mendorong peran aktif dan memberi ruang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat dalam memberikan tanggapan dan masukan terhadap DPS yang telah tetapkan dan diumumkan sejak tanggal 19 hingga 28 September 2020.

“DPS Kabupaten Pasangkayu saat ini sebanyak 97.137 bersifat sementara. Masih sangat dimungkinkan untuk dikoreksi, baik dari segi jumlah, karena pertimbangan mortalitas (kematian) atau mutasi penduduk (pindah keluar/pindah masuk) maupun kesesuaian elemen data masyarakat yang mungkin masih belum sempurna,” kata Syahrudin, Sabtu (26/92020).

Ia menyebutkan, uji publik ini melibatkan elemen masyarakat seperti pemerintah desa, kepala dusun/lingkungan, tokoh masyarakat, agama, perempuan, petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) yang telah melakukan proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih dan dilaksanakan panitia pemungutan suara (PPS) di wilayahnya masing-masing.

“Proses uji publik zona 1 akan dilaksanakan hari ini di pantau langsung oleh Komisioner KPU Sulbar Kordiv Perencanaan, Data dan Informasi, Sukmawati M Sila dilaksanakan di aula Kantor Desa Kasoloang, Kecamatan Bambaira,” sebut Syahrudin.

Lanjut Syahrudin, setelah proses uji publik dan proses pengumuman DPS berakhir, maka PPS dan panitia pemilihan kecamatan (PPK) akan kembali rekapitulasi DPS hasil perbaikan.

“Setelah itu baru akan ditetapkan oleh KPU Kabupaten Pasangkayu sebagai daftar pemilih tetap (DPT) yang akan digunakan dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak Pasangkayu tanggal 9 Desember 2020 mendatang,” tambahnya. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya