Rencana Latihan Simulasi Penanggulangan Bencana Alam, Kodim 1427 Pasangkayu dan Polres Rakor Bersama Stakeholder

25 September 2020 15:16
Rencana Latihan Simulasi Penanggulangan Bencana Alam, Kodim 1427 Pasangkayu dan Polres Rakor Bersama Stakeholder
.

PASANGAKYU, TRANS89.COM – Kodim 1427 Pasangkayu dan Polres Pasangkayu menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) mengenai rencana simulasi latihan penanggulangan bencana alam pada tanggal 19-23 Oktober di Desa Tikke, Kecamatan Tikke Raya.

Rakor yang dihadiri, Dandim Letkol Inf Novyaldi, Kapolres AKBP Leo H Siagian, Pasi Ops Korem 142 Tatag Mamuju Kapten Inf Wanggai, Pasiter Kodim Pasangkayu Kapten Inf Hasan, Kasat Pol PP Naharuddin, mewakili BPBD Pasangkayu, mewakili Dinas Sosisal, mewakili
Dinas Kesehatan, digelar di Makodim 1427 di jalan Fatmawati Padangkayu, Jumat 25 September.

Dalam sambutan Dandim Letkol Inf Novyaldi mengatakan, rakor bersama ini untuk memastikan ketersediaan personil yang akan mengikuti simulasi latihan, serta mengetahui lebih awal ketersediaan alatbyang akan dipakai dalam latihan nanti.

“Kesiapan untuk melakukan simulasi latihan kita tentukan dalam rakor ini, baik itu kesiapan semua stakeholder yang akan diikutsertakan nantinya,” kata Novialdi.

Adapun rencana latihan simulasi gabungan penanggulanagn bencana akan dilaksanakan tepatnya di Desa Tikke, Kecamatan Tikke Raya. Untuk semua peralatan termasuk tenda akan tetap disiapkan oleh koordinator yang akan siap mensosialisasikan akan alat penyelamatan masyarakat.

“Saya rasa latihan penanggulangan bencana alam ini sering dilakukan untuk kesiapan tanggap personil penanganan bencana khususya di Kabupaten Pasangkayu serta memelihara dan meningkatkan kemampuan para pasukan,” imbuh Novyaldi.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres AKBP Leo H Siagian juga menyampaikan, latihan pada penanggulangan bencana alam ini adalah kegiatan memelihara dan meningkatkan kemampuan saat penanggulangi bencana alam Instansi terkait yang dilatih oleh Korem 142 Tatag Mamuju.

Untuk tempat evakuasi, lanjut Leo, Polres Pasangkayu akan ikut mendukung kegiatan latihan simulasi ini dengan menyediakan tenda dan personil Polres Pasangkayu.

“Ada baiknya, dalam kegiatan ini panitia koordinantor untuk melibatkan organisasi pemuda di yang ada di Kabupaten Pasangkayu,” pinta Leo.

Dalam pemaparannya, Pasi Ops Korek 142 Mamuju, Kapten Inf Wanggai Pasi dalam menjelaskan, bahwa dari tujuan Latihan gabungan dalam rangka penanggulangan bencana alam adalah memelihara dan meningkatkan kemampuan pasukan pada Satuan Korwil.

Dalam rangkaian simulasi latihan nanti, pasukan yang dikuatkan akan dibagi, sebahagian sasukan disiapkan mengikutiil upacara dan ada juga pasukan yang siap mengikuti latihan penanggulangan bencana setiap Instansi yang terlibat.(Yusuf/Ndi)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya