SPBI Kota Surabaya Unjuk Rasa di Bank Yudha Bakti dan KFC, Ini Tuntutannya

24 September 2020 00:20
SPBI Kota Surabaya Unjuk Rasa di Bank Yudha Bakti dan KFC, Ini Tuntutannya
Sejumlah massa SPBI Kota Surabaya unjuk rasa di depan Bank Yudha Bakti Jalan Darmo dan KFC Jalan Basuki Rahmat, Kota Surabaya, Jatim. (Awin D/Trans89.com)
.

SURABAYA, TRANS89.COM – Sejumlah massa dari Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia (SPBI) Kota Surabaya dipimpin Anthony Matondang berunjuk rasa di depan Bank Yudha Bakti Jalan Darmo dan Kentucky Fried Chicken (KFC) Jalan Basuki Rahmat, Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Rabu (23/9/2020).

Tuntutan massa aksi di spanduk yang dibentangkan, menolak PHK sepihak terutama terhadap ketua basis, menolak pemotongan upah basis BYB Surabaya, menolak pemberangusan serikat, menolak PHK sepihak basis SGS Jombang, nota kekurangan upah dan nota pemeriksaan upah selama diliburkan serta pembayaran THR tanpa diangsur, menolak PHK sepihak terutama terhadap divisi grader Basis Pei Hai IWI Jombang, Basis Tasa Beton, Basis Bentoel dan Batu Masita.

Orasi Anthony Matondang, mengatakan hari ini kita datang kesini untuk menuntut hak kita yang selama ini dari pimpinan Bank Yuda Bakti dan masih keras kepala.

“Bank Yuda Bakti diduga sudah melanggar pasal 28 tentang ketenagakerjaan dan penyalahgunaan perkoperasian yang selama ini di potong,” kata Anthony.

Anthony mengungkapkan, kami datang kesini menuntut keadilan kepada Bank Yuda Bakti yang masih melakukan PHK sepihak kepada buruh dan pekerja, dan selain itu, selama ini di KFC masih ada pemotongan upah dan THR kepada pekerja yang sudah lama bekerja di KFC ini.

“Didudga Bank Yuda Bakti yang selama ini tidak memberikan upah, pesangon dan tunjangan hari raya (THR). Sementara KFC masih melanggar hak normatif dan melakukan PHK sepihak terhadap buruh yang selama ini tidak ada kejelasan uang pesangon para buruh atau pekerja,” ungkapnya.

Massa aksi SPBI kemudian bergeser ke kantor Gubernur Jatim Jalan Pahlawan, Kota Surabaya untuk menampaikan aspirasi yang sama. (Awin/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya