Pilkada Pasangkayu 2020 Ditengah Pandemi, Bawaslu Bersama Forkopimda Bentukan Pokja Pencegahan Covid-19

23 September 2020 17:13
Pilkada Pasangkayu 2020 Ditengah Pandemi, Bawaslu Bersama Forkopimda Bentukan Pokja Pencegahan Covid-19
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Dalam rangka menjalankan tahapan Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Pasangkayu ditengah pandemi Corona Virus Disease 19,

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama Forkopimda Pasangakayu menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) pembentukan Kelompok Kerja (Pokja) pencegahan Covid-19.

Rakor yang dihadiri Kapolres Pasangkayu AKBP Leo H Siagian, Mewakili Dandim 1427 Pasangkayu Kapten Inf Hasan, Kajari Pasangkayu Imam Makmur Saragih Sidabutar, Sekretaris KPU Pasangkayu Rahmat, dan ke tiga Komisioner Bawaslu Ardi Trisandi, Syamsuddin, dan Nurliana, di gelar di Aula kantor Bawaslu Padangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Rabu (23/09/2020).

Dalam sambutan Ketua Bawaslu Pasangkayu Ardi Trisandi mengatakan, dalam rangka mensukseskan pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020 dengan penerapan protokol kesehatan covid-19 maka Bawaslu Kabupaten Pasangkayu membentuk Pokja penanganan Covid-19

“Ini kita maksudkan, agar kegiatan atau tahapan Pilkada tetap berjalan dengan mengedepankan protokol kesehatan oleh masing masing penyelenggara pemilu serta para peserta pemilu baik pasangan calon maupun para simpatisan pendukung nantinya,” kata Ardi.

Adapun pembentukan Pokja, lanjut Ardi, Rakor bersama ini akan di bentuk dan akan di berikan petunjuk tehnis pelaksanaan bagaimana. Pembentuk Pokja ini juga sebagai wadah kordinasi dalam rangka penerapan standart protokol kesehatan serta untuk tehnis pelaksaan pokja yang telah di bentuk akan menyusul dari Bawaslu RI.

“Rakor saat ini akan kita bentuk Pokja nya beserta Juknis pelaksanaan bagaimana tahapan Pilkada tetap dijalankan tetapi harus sesuai dengan protap kesehatan Covid-19,” jelas Ardi.

Mewakili KPU Pasangkayu, Rahmat menanggapi, seharusnya harus ada aturan yang dipakai ketiga tahapan Pilkada ini tetap dijalankan dimasa pandemi, pasalnya, selain kepentingan Pilkada juga ada kepentingan yang tidak kalah penting yakni kesehatan masyarakat baik itu pihak penyelenggara, keamanan dan Bapaslon.

“Saya secara lembaga dan pribadi sangat sepakat dengan terbentuknya Pokja ini yang nantinya mengatakan protokol kesehatan dalam kegiatan tahapan,” singkat Rahmat.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Pasangkayu AKBP Leo H Siagian menambahkan, bahwa tujuan dari Pokja ini untuk mensukseskan Pilkada yang aman damai dan sejuk. Untuk itu dibutuhkan keseriusan semua stakeholder dalam melakukan kordinasi di setiap intasnsi yang terlibat dalam pokja ini nantinya.

“Saya rasa bawaslu membentuk pokja bukan tandingan dari Perbup, lebih dari ingin melihat Pilkada 2020 berjalan aman dan termasuk aman dari segi kesehatan bagi seluruh warga di Pasangkayu. Secara kasat mata memang virus ini tidak ada namun kenyataan nya ada, karean sudah banyak korban terkena covid 19,” seru Leo. (Yusuf/Ndi)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya