Desainer Poster Siswa SMP Astra Makmur Jaya Binaan PT Letawa Kantongi Tiket FLS2N Tingkat Nasional

23 September 2020 16:02
Desainer Poster Siswa SMP Astra Makmur Jaya Binaan PT Letawa Kantongi Tiket FLS2N Tingkat Nasional
Siswa Kelas VIII SMP Astra Makmur Jaya merupakan sekolah binaan PT Letawa, Hanifah Indillahi Azizah dan siswa-siswa SMP lainnya seluruh Indonesia ikuti ajang lomba desain poster yang di kemas dalam FLS2N seluruh Indonesia tahun ini dilakukan secara daring. (Sarwo Kartika Roni/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Lomba desain poster yang di kemas dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) seluruh Indonesia tahun ini dilakukan secara daring (online).

Hal itu berdasarkan panduan teknis FLS2N secara daring Bidang Pendidkan Dasar (Dikdas) tingkat SD/SMP tahun 2020, diman perlombaan di tingkat nasional diselenggarakan dari tanggal 21 hingga26 September 2020.

Musim wabah pandemi Covid-19 bukanlah penghalang bagi insan manusia untuk tetap berkreasi danberkarya. Hal ini dibuktikan oleh Hanifah Indillahi Azizah dan siswa-siswa SMP lainnya seluruh Indonesia. Hanifah mengikuti ajang FLS2N lomba desain poster.

Hanifah berhasil menjuarai perlombaan tersebut di tingkat Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar). Pengumuman diterima pada Senin, 21 September 2020. Ia telah berhasil merebut tiket emas keajang FLS2N Tahun 2020 tingkat nasional mewakili Kabupaten Pasangkayu dan Provinsi Sulbar.

Siswa Kelas VIII SMP Astra Makmur Jaya merupakan sekolah binaan PT Letawa anak usaha PT Astra Agro Lestari (AAL) Tbk Grup Area Celebes ini ditemui disela-sela waktu latihan, Hanifah mengaku sangat bahagia dan bangga atas keberhasilannya lolos ke tingkat nasional.

“Saya tidak menyangka bisa mewakili Provinsi Sulawesi Barat. Kesuksesan ini berkat restu Tuhan, dukungan penuh dari orang tua, dan bimbingan rutin dari pembina ICT SMP Astra Makmur Jaya, Miss Jian Mayangsari,” ujar Hanifah di halaman SMP Astra Makmur Jaya Kecamatan Tike Raya, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar, Rabu (23/9/2020).

Mengenai persiapan Tim ICT Design SMP Astra Makmur Jaya dalam event FLS2N tahun 2020 ini, Miss Jian berkenan berbagi pengalamannya. Jian melakukan seleksi terhadap 4 siswa binaannya.

Dalam seleksi itu, Jian mengutamakan aspek keterampilan menggambar manual, keterampilan menemukan dan menuangkan ide, dan keterampilan pemilihan komposisi warna.

“Untuk keterampilan teknik program adobe photoshop dan corel fraw, itu dilihat belakangan setelah tiga keterampilan utama,” tutur Jian.

Bagi dirinya, tiga keterampilan utama itu sangat penting dan itu merupakan kemampuan atau bekal dari dalam diri siswa,” tutur Jian.

“Untuk keterampilan teknik program adobe photoshopdan corel draw bisa dikuasai dalam waktu singkat, dan kami memilih Hanifah mewakili SMP Astra Makmur Jaya,” urai Jian.

Hanifah sangat siap menyambut lomba desain poster tingkat nasional nanti, diman latihan secara terus-menerus dilakukan di bawah bimbingan Miss Jian.

“Target saya bisa mendapatkan Juara I,” ujar Hanifah gadis 13 tahun yang semasa SD pernah meraih Juara II lomba menggambar dalam ajang FLS2N tahun 2017 tingkat Kabupaten Pasangkayu.

Dalam kesempatan yang sama, Jian menyampaikan bahwa Hanifah telah dipersiapkan dari segi teknik dan mental, diman dilakukan latihan rutin dengan berbagai ragam ide kreasi.

“Tentunya tetap mengacu pada tema utama, yakni potensi kesenian daerah sebagai sumber ide dalam upaya promosi pariwisata pasca pandemi Covid-19 melalui kreasi inovasi dalam bentuk desain poster,” papar Jian.

Ia ucapkan terimakasih kepada Kepala Sekolah (Kepsek) SMP Astra Makmur Jaya dan manajemen PT Letawa atas dukungan penuh yang diberikan.

“Semoga Hanifah bisa mendapatkan hasil yang diharapkan di tingkat nasional nanti mewakili Kabupaten Pasangkayu dan Provinsi Sulbar,” ucap Jian.

Terpisah, Kepsek SMP Makmur Jaya Adi Dasuki, mengemukakan dirinya bangga dengan hasil yang dicapai Hanifah di tingkat Provinsi Sulawesi Barat.

“Dengan persiapan yang matang dibawah bimbingan Miss Jian, saya yakin Hanifah bisa menampilkan karya terbaiknya di tingkat nasional.Semoga bisa meraih juara sesuai motto SMP Astra Makmur Jaya, sekolahnya sang juara,” imbuh Adi. (Sarwo/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya