Peringati Hari Perhubungan Nasional, Bupati Pasangkayu Bagikan Masker Dari Kemenhub

21 September 2020 14:53
Peringati Hari Perhubungan Nasional, Bupati Pasangkayu Bagikan Masker Dari Kemenhub
Pencanangan sejuta masker Kemenhub dalam rangka mensukseskan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2020 di gelar Dishub Kabupaten Pasangkayu di Bundaran Smart Jalan Ir Soekarno, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Sarwo Kartika Roni/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Pencanangan sejuta masker Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam rangka mensukseskan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2020 di gelar Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pasangkayu di Bundaran Smart Jalan Ir Soekarno, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar).

Kegiatan pembagian sejuta masker untuk memperketat pencegahan penularan Covid-19 dihadiri Bupati Pasangkayu Agus Ambo Djiwa, Dandim 1427 Pasangkayu Letkol Inf Novyaldi, Kabag Rencana Polres Pasangkayu AKBP Zakaria, Kasubag BIN Kejari Pasangkayu Luhur, Kadishub Pasangkayu M Yunus Alsam, Kadis Kesehatan Pasangkayu Samhari, Senin (21/9/2020).

Dalam sambutan Bupati Agus mengatakan, Kemenhub Republik Indonesia (RI) akan membagi sejuta masker, termasuk di Kabupaten Pasangkayu, ini merupakan bagian dari sosialisasi dalam rangka penerapan Peraturan Bupati (Perbup) tentang kewajiban memakai masker dan merupakan bagian dari program tersebut.

“Hari ini kita akan kembali membagikan 1.000 masker khusus seluruh masyarakat yang melintas di Bundaran Smart Pasangkayu ini, mudahan mudah-mudahan dengan pembagian ini ada kesadaran masyarakat menggunakannya,” kata Agus, bupati dua periode ini.

Menurut dia, kewajiban kita sebagai pemerintah untuk memberikan pemahaman terhadap mereka (masyarakat), bahwa kita semua dituntut menggunakan masker untuk pencegahan secara maksimal mungkin untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Pasangkayu.

“Penegakan sanksi berdasarkan peraturan pemerintah (PP) dan Perbup harus wajib begitu aturan dibuat maka sanksi harus diterapkan,” tutur Agus.

Ia menjelaskan, tidak boleh tidak cuma sanksi sosial, setelah 10 hari kita lakukan sosialisasi, nanti setelah itu kita sudah melakukan sanksi seperti acara pesta, olahraga, atau acara apa saja yang bersifat mengumpulkan massa, termasuk acara KPU.

“KPU mau debat, mau buat kampanye, tetap KPU minta izin ke Ketua Gugus Tugas dan penanganan pencegahan Covid-19 Kabupaten Pasangkayu, dimana akan mengadakan kampanye atau yang banyak mengumpulkan massa dan harus ada izin dari Ketua Gugus Tugas Covid-19,” jelas Agus.

Kadishub Pasangkayu, M Yunus Alsam, menyampaikan kegiatan gerakan nasional pembagian sejuta masker ini artinya pakai masker merdeka dari pandemi Covid-19 yag kita gelar hari ini di Bundaran Smart Pasangkayu.

“Mari selalu menjaga protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19¬†dan tetap melakukan 3 M yakni¬†menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasangkayu membagikan masker kepada masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19,” papar Yunus.

Dandim 1427 Pasangkayu, Letkol Inf Novyaldi, mengatakan penegakan disiplin ini adalah kepentingan bersama dalam hal memutus mata rantai penyebarluasan virus corona atau yang disebut Covid-19, bukan kepentingan dari pihak keamanan saja.

“Memutus penyebarluasan Covid-19 adalah kepentingan kita bersama, kepentingan kita semua masyarakat khususnya masyarakat di daerah Kabupaten Pasangkayu ini,” kata Novyaldi.

Dirinya menyebutkan, diberikan masker dan dihimbau agar menggunakan masker pemberian tersebut setiap keluar rumah sebagai salah satu cara mencegah penyebaran Covid-19.

“Dihimbau kepada warga masyarakat Kabupaten Pasangkayu untuk dapat selalu berperilaku hidup sehat dan bersih serta mengikuti anjuran dari pemerintah dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19. Penyebaran virus ini dapat kita lawan dengan selalu mengikuti protokol kesehatan dan anjuran dari pemerintah,” sebut Novyaldi. (Sarwo/Nis)

 

 

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya