Personil Polsek Duampanua Hadiri Sosialisasi Perbup Pinrang Tentang Pencegahan Covid-19

16 September 2020 21:50
Personil Polsek Duampanua Hadiri Sosialisasi Perbup Pinrang Tentang Pencegahan Covid-19
Sosialisasi Perbup Pinrang nomor 34 tahun 2020 tentang penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan dan penanganan penularan wabah penyakit Covid-19 di aula kantor Camat Duampanua Jalan Trans Sulawesi Kabupaten Pinrang, Sulsel. (Adam Patonangi/Trans89.com)
.

PINRANG, TRANS89.COM – Sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Pinrang nomor 34 tahun 2020 tentang penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan dan penanganan penularan wabah penyakit corona virus disease 2019 (Covid-19) di aula kantor Camat Duampanua Jalan Trans Sulawesi Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Hadir di giat tersebut, Camat Duampanua Zulkarnain Gaffar, Pelaksantugas (Plt) Kapolsek Duampanua Iptu Muh Nasir, Danramil 1404-06 Duampanua diwakili Babinsa Koramil 06 Serda Andi Abd S, Kepala Rumah Sakit (RS) Madising Bungi dr Nuryanti, Kanit Binmas Polsek Duampanua Iptu Muslih Arsyad, Kepala UPTD se-Kecamatan Duampanua, Kepala Desa/Lurah se-Kecamatan Duampanua, Selasa (15/9/2020).

Sambutan Camat Duampanua, Zulkarnain Gaffar, mengatakan evaluasi Covid-19 di Kabupaten Pinrang dimana kita pernah masuk ke zona hijau dan sekarang kita masuk zona kuning.

“Kita ketahui sekarang di Kabupaten Pinrang sudah ada yang meninggal 3 orang, apabila situasi terus meningkat, maka tidak menutup kemungkinan kita akan masuk ke zona merah,” kata Zulkarnain.

Ia menyebutkan, tempat-tempat ibadah, pasar, perkantoran dan tempat keramaian lainnya agar selalu memakai masker, tetap selalu jaga jarak seperti di tempat ibadah perlu kita berikan tanda jaga jarak serta menggunakan masker pada saat ibadah.

“Kita ketahui bersama, sekarang ini masyarakat yang melaksanakan hajatan atau pesta rata-rata belum menerapkan protokol kesehatan, melainkan pemilik acara yang tidak memberikan contoh dengan tidak menggunakan masker,” sebut Zulakranain.

Dirinya berpesan, kepada pemilik warung makan, cafe, agar menerapkan protokol kesehatan dengan menerapkan jaga jarak terhadap para pengunjung yang datang.

“Apabila masyarakat Kecamatan Duampanua tidak disiplin, maka kami pemerintah Kecamatan Duampanua akan mengambil langkah-langkah untuk menertibkan masyarakat sesuai dengan sanksi yang telah di tetapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pinrang,” ujar Zulkarnain.

Ia juga mengharapkan kepada Kades/Lurah dan Imam Masjid untuk mendukung Perbup Pinrang dalam penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan dan penanganan penularan wabah penyakit Covid-19.

“Seluruh Kantor Desa/Lurah dan tempat ibadah serta warung makan, cafe, menyediakan tempat cuci tangan dan memberikan tanda atau kode jaga jarak pada seluruh Masjid di Kabupaten Pinrang,” harap Zulkarnain.

Menurut dia, kegiatan ini kita sosialisasikan terlebih dahulu sebelum kita melaksanakan operasi Yustisi dengan melibatkan TNI dan Polri sebagai wujud upaya dalam mencegah, memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Setiap masyarakat Kecamatan Duampanua, apabila tidak mematuhi ketentuan protokol kesehatan, maka kita kenakan teguran atau sanksi yang telah ditetapkan Pemkab Pinrang, dimana denda perseorangan Rp50.000 hingga Rp150.000,” tutur Zulkarnain.

Lanjut Zulkarnanin, bagi pelaku badan usaha yang ada di Kecamatan Duampanua, apabila tidak mematuhi protokol kesehatan diberikan teguran atau sanksi mulai dari Rp500.000 hingga Rp1.000.000.

“Bagi masyarakat yang akan menyelenggarakan pesta pernikahan atau hajatan, betul-betul menerapkan protokol kesehatan, apabila tidak disiplin, maka kami dari pemerintah Kecamatan Duampanua mengevaluasi dan memberikan teguran atau sanksi sesuai dengan Perbup yang telah ditetapkan oleh Pemkab Pinrang,” terang Zulkarnanin.

Sementara Kepala RS Madising Bungi, dr Nuryanti, menyampaikan kepada seluruh masyarakat yang akan berkunjung ke RS Madising agar menggunakan masker dan mencuci tangan.

“Apabila masyarakat Kecamatan Duampanua yang tidak menggunakan masker, kami tidak terima berkunjung ataupun memeriksakan dirinya di RS Madising. Apabila masyarakat yang berkunjung ke RS Madising Bungi, agar menerapkan jaga jarak dan kontak dengan pasien yang akan di besuk, baik itu keluarga ataupun kerabat,” paparnya. (Adam/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya