Nurliana : Cek Nama’ta di www.lindungihakpilihmu.go.id

Bawaslu Awasi Pemutakhiran DPS Pilkada Pasangkayu 2020

16 September 2020 11:39
Bawaslu Awasi Pemutakhiran DPS Pilkada Pasangkayu 2020
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Bawaslu Kabupaten Pasangkayu (Sulbar) membuka posko aduan penyusunan Daftar Pemilih Sementar (DPS) Perbaikan. Aduan dapat dilakukan pada tahapan pengumuman DPS pada tanggal 19 hingga 28 September yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat menyampaikan aduan terkait data, penyusunan daftar pemilih dan dugaan pelanggaran lainnya.

Komisioner Bawaslu Pasangkayu Kordiv Pengawasan dan Hubal Nurliana, menyampaikan bahwa Bawaslu kabupaten mengintruksiikan kepada jajaran dibawahnya untuk membuka posko aduan terkait dengan data, penyusunan Daftar Pemilih.

“Selain itu kami juga Hotline melalui media sosial seperti whatsapp, Instagram, facebook, twitter untuk melaporkan apabila terjadi permasalahan dalam penyusunan Daftar Pemilih, misalnya namanya belum terdaftar padahal sudah memenuhi syarat untuk memilih,” kata Nurliana saat melakukan pengawasan melekat di kantor KPU, Selasa (15/09/2020).

Ia mengatakan, pada tahapan pengumuman DPS nantinya bertujuan untuk menampung aspirasi ataupun menampung masukan dari masyarakat terkait penyusunan Daftar Pemilih Sementara Perbaikan (DPSHP) seperti warga Pasangkayu yang sudah memenuhi syarat yaitu telah berumur 17 tahun dan akan 17 tahun tertanggal 9 Desember 2020, untuk memilih tetapi belum terdaftar didalam daftar pemilih.

“Serta kami menerima aduan terkait dengan pelaksanaan penyusunan Daftar Pemilih Sementara, jika saat pengumuman DPS nanti namanya tidak ada dalam Daftar Pemilih maka diindikasikan belum didata oleh KPU pada saat coklit, maka segera laporkan ke Pengawas Desa ataupun Panwascam,” imbuhnya.

Bawaslu kabupaten beserta jajarannya memastikan dalam pengawasan Daftar Pemilih ini, petugas tetap menerapkan porotokol kesehatan, dan memastikan penyelenggara dalam proses penyusunan Daftar Pemilih Sementara pada perbaikan tetap mematuhi protokoler kesehatan Covid sesuai dengan prosedur, tata cara dan mekanisme.

“Kami dan ajaran Bawaslu Kabupaten Pasangkayu saat dalam melaksanakan pengawasan harus mematuhi protokol kesehatan, lakukan pengawasan sesuai dengan yang di intruksikan oleh pimpinan yang diatasnya dan berpedoman pada Undang Undang dan Peraturan Bawaslu,” tekannya.

“Ayo jaga hak pilihmu dengan memastikan nama kamu terdaftar sebagai pemilih di Pilkada nanti. Caranya bagaimana? Cek nama’ta di www.lindungihakpilihmu.go.id
Bisa juga cek namamu pada saat DPS diumumkan di kantor desa dan wilayah wilayah TPS yang strategis pada tanggal 19-28 September,” sambung Nurliana. (ndi/)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya