Gerakan Muda Muslim Indonesia Unjuk Rasa di Kantor MUI Terkait Transparansi Anggaran Sertifikasi Halal

12 September 2020 08:04
Gerakan Muda Muslim Indonesia Unjuk Rasa di Kantor MUI Terkait Transparansi Anggaran Sertifikasi Halal
Gerakan Muda Muslim Indonesia unjuk rasa di kantor MUI Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat. (Bagus Prasetyo/Trans89.com)
.

JAKARTA, TRANS89.COM – Sejumlah massa dari Gerakan Muda Muslim Indonesia (GMMI) dipimpin M Daud Loilatu unjuk rasa di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (9/9/2020).

Massa aksi membawa spanduk bertuliskan, Gerakan Muda Muslim Indonesia mendesak MUI untuk transparan terkait anggaran sertifikasi halal, mendukung penuh Kemenag RI ambil alih sertifikasi label halal.

Orasi M Daud Loilatu mengatakan, kami datang lagi kesini sebab kami belum mendapatkan satu jawaban yang pas, belum mendapatkan satu benang merah dari jawaban.

“Bagaimana merawat mendidik anak agar cerdas mendidik umat agar tidak terprovokasi oleh berita hoax, itu hanya ingin kemudian senantiasa berdiri pada waktunya untuk kemudian menjaga marwah Republik Indonesia (RI) ataupun menjaga umat Islam Indonesia agar tidak saling terprovokasi satu sama yang lainnya,” kata Daud.

Ia meminta MUI untuk membicarakan masalah sendiri, sebab ketika kita membaca Undang-undang (UU) Nomor 33 tahun 2004, menjelaskan masalah keuangan mengeluarkan berapa dari keluarga sendiri.

“Kami mendapat informasi, untuk mengeluarkan sertifikasi dan harga yang kemudian diambil di atas angka Rp2,5 sampai Rp4,5 juta lebih, inilah yang kemudian kami bertanya dikemanakan biaya tersebut,” ujar Daud.

Dirinya menyebutkan, MUI harus transparansi kepada umat dan bangsa negara, kami meminta Kejaksaan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) serta Kepolisian agar melakukan penegakan hukum pada permainan monopoli dalam proses pengeluaran sertifikasi halal.

“Kami menyampaikan, apabila sertifikasi halal ini dikelola dengan baik dan dapat dipastikan akan dikontrol oleh sistem, tapi kita tidak tahu dari tahun-tahun sebelumnya sampai detik ini hasil audit lembaga independen,” sebut Daud. (Bagus/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya