Salah Satu Berkas Paslon Pilkada Mamuju Dikembalikan, Hamdan: B1 KWK Nama Calon Tidak Sesuai di KTP

06 September 2020 00:52
Salah Satu Berkas Paslon Pilkada Mamuju Dikembalikan, Hamdan: B1 KWK Nama Calon Tidak Sesuai di KTP
Ketua KPU Kabupaten Mamuju, Hamdan Dangkang. (Adhy Putra Siregar/Trans89.com)
.

MAMUJU, TRANS89.COM – Pendaftaran bakal pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Mamuju yang digelar di KPU Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), dengan dua paslon kandidat yakni Habsi Wahid-Irwan SP Pababrai (Habsi-Irwan) dan Sutina Suhardi-Ado Masud (Tina-Ado), Sabtu, 5 September 2020.

Usai menerima dua paslon bupati dan wakil bupati Mamuju tahun 2020, Ketua KPU Kabupaten Mamuju Hamdan Dangkang menyampaikan kepada awak media bahwa berkas salah satu paslon terpaksa harus dikembalikan karena dianggap tidak lengkap.

“Pasalnya, berkas B1 KWK untuk pengusulan nama bakal calon tidak sesuai dengan nama yang ada di KTP yang diajukan oleh partai pendukung PKS untuk Tina-Ado dikembalikan, karena di B.1- KWK, nama yang tertulis Hj Sutina Suhardi sedangkan di KTP Hj Siti Sutina Suhardi,” kata Hamdan.

Menurut dia, berkas untuk pasangan Sutina-Ado kami kembalikan, karena ada salah satu partai pendukung yakni PKS nama yang seharusnya Hj Siti Sutina Suhardi tapi yang diusulkan adalah Hj Sutina Suhardi.

“Berkas pendaftaran dari paslon Tina-Ado syarat pencalonan semua lengkap, namun keabsahan formulir B.1-KWK masih status BMS dikarenakan nama yang tercantum dalam formulir tersebut tertulis Sutinah Suhardi, sementara di KTP elektronik tertulis Sitti Sutinah Suhardi,” tutur Hamdan.

Ia mengungkapkan, sesuai petunjuk tekhnis (Juknis) 394 tentang teknis pendaftaran dan penelitian berkas, dipersyaratkan nama yang ada di formulir B.1-KWK harus sama dengan yang ada di KTP el, jadi dikembalikan berkas tersebut untuk diperbaiki dimasa pendaftaran.

“Waktu yang diberikan untuk perbaikan sesuai juknis 394 itu sampai dengan tanggal 6 September 2020 pukul 24.00 Wita. Harapan kami untuk segera ditindaklanjuti dan dimasukkan perbaikannya,” ungkap Hamdan. (Adhy/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya