Peranan Binaan PT Letawa Kelompok Tani Tanjung Sejahtera Dalam Pembangunan Desa Ako di Pasangkayu

02 September 2020 02:02
Peranan Binaan PT Letawa Kelompok Tani Tanjung Sejahtera Dalam Pembangunan Desa Ako di Pasangkayu
Sabir Samaruna (paling kiri) di salah satu kegiatan dengan masyarakat Desa Ako, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Sarwo Kartika Roni/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Desa Ako yang terletak di Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), adalah sebuah desa yang cukup strategis di Kabupaten Pasangkayu.

Disana terdapat obyek vital berupa dermaga milik Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pasangkayu dan dermaga khusus Tanjung Bakau serta PT Tanjung Sarana Lestari (TSL) anak usaha PT Astra Agro Lestari (AAL) Tbk Grup Area Celebes 1 (C1) menjadi salah satu ikon di Sulbar, karean sebagai satu-satunya pabrik reffenery crude palm oil (CPO) di Indonesia bagian timur.

Di Desa Ako ini juga bermukim seorang Sabir Samaruna, salah seorang tokoh masyarakat Kaili di Kabupaten Pasangkayu.

Sabir Samaruna (60) adalah putra asli Pasangkayu yang cukup berjasa, utamanya dalam derap pembangunan daerah di sekitar Desa Ako, termasuk diantara dalam proses pembanguan dermaga Pemda Pasangkayu dan dermaga khusus Tanjung Bakau berikut sarana pendukungnya.

Walaupun terlahir di daerah perkampungan, tapi visinya dalam memajukan daerah didukung jiwa sosialnya yang tinggi pantas diacungi jempol. Diluar itu, Sabir Samaruna juga tercatat sebagai Ketua Kelompok Tani Tanjung Sejahtera di Desa Ako.

Sabir Samaruna menjadi salah satu orang di Desa Ako pada tahun 2008 yang melihat tanaman kelapa sawit menjadi salah satu solusi peningkatan kesejahteraan masyarakat, diman Desa Ako saat itu masih mengandalkan komoditi tanaman kakao.

Dengan kondisi mulai banyaknya tanaman kakao yang terkena hama dan penyakit menjadi salah satu alasannya beralih ketanaman kelapa sawit.

Setelah 4 tahun kemudian, memang terbukti apa yang mereka yakini saat memutuskan menanam budidaya kelapa sawit saat itu. Dan harga dan tempat pemasaran yang terjamin menjadikan komoditi tahan uji.

Saat ini, Kelompok Tani Tanjung Sejahtera telah menjadi motor penggerak ekonomi masyarakat Desa Ako.

“Saya mewakili teman-teman yang tergabung dalam Kelompok Tani Tanjung Sejahtera ucapkan terima kasih kepada PT Letawa yang juga anak usaha PT AAL Tbk Grup Area C1 ini telah merespon permohonan kami saat itu untuk mendapatkan bantuan bibit kelapa sawit dan hasilnya telah kami nikmati sampai saat ini,” ungkap Sabir di kediamannya di Desa Ako, Selasa (1/9/2020).

Menurut dia, kami masyarakat Dea Ako berharap PT Letawa bersedia melanjutkan program bantuan bibit kelapa sawit ke masyarakat Desa Ako, mengingat masih ada potensi lahan yang tidak produktif untuk di ubah menjadi kebun kelapa sawit, sekaligus memberi bimbingan kepada kami.

“Dengan bertambahnya angkatan kerja di masyarakat Desa Ako jika tidak diantipasi oleh semua pihak dengan pemberian ilmu pengetahuan dan penciptaan lapangan kerja, bisa menjadi masalah sosial di kemudian hari,” tutur Sabir.

Semoga semua yang menjadi harapan Sabir Samaruna juga menjadi harapan masyarakat Desa Ako agar masyarakat lebih sejahtera. (Sarwo/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya