PT Pasangkayu Gelar Awarding InnovAgro XIX dan 5K2S, Dani: Meningkatkan Produktivitas Dengan Seifisien Mungkin

16 August 2020 15:41
PT Pasangkayu Gelar Awarding InnovAgro XIX dan 5K2S, Dani: Meningkatkan Produktivitas Dengan Seifisien Mungkin
ADM PT Pasangkayu, Dani Sitorus saat membuka acara awarding InnovAgro dan 5K2S, berlangsung di halaman menara pantau PT Pasangkayu, Desa Gunung Sari, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Ansar/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Salah satu anak usaha PT Astra Agro Lestari (AAL) Tbk Group Area Celebes 1 (C1) yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit, PT Pasangkayu gelar awarding inovasi agro (InnovAgro) dan ketertiban, kerapihan, kebersihan, kelestarian, kedisiplinan, semangat kerja dan safety (5K2S), berlangsung di halaman menara pantau PT Pasangkayu, Desa Gunung Sari, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Sabtu (15/8/2020).

Awarding InnovArgo XIX dan 5K2S PT Pasangkayu diawali pembacaan doa, menyanyikan lagu mars Astra dan padamu negeri, sambutan, serta pengumuman juara lomba nominasi Innovargo dan juara lomba 5K2S.

Ketua Komite Improvement sekaligus Asisten Kepala (Askep) PT Pasangkayu, Eka Setia Permana, ucapkan puji syukur kepada Allah SWT dan terima kasih kepada seluruh undangan yang hadir untuk melaksanakan innovagro yang ke XIX ditahun 2020, berbarengan juga dilaksanakannya peguyuban mandiri dan 5K2S.

“Jadi ini adalah acara puncaknya, kita sudah mulai penjurian dari bulan juli. Saya ucapkan terima kasih kepada bapak dan ibu inovator PT Pasangkayu yang sudah bersusah payah baik itu sumbang saran (SS), Quality Control Cyrcle/kontrol kualitas lingkaran XIX (QCC), maupun Quality Control Projects/proyek kontrol kualitas (QCP),”
ucap Eka.

Menurut dia, ditahun 2020 ini, secara judul yang masuk ke komite total 188 judul, padahal target kita ditahun ini hanya 75 judul, dab yang terbaru lagi untuk dimulai tanggal 18 Agustus 2020, kita sudah memasuki ke tingkat area.

Dengan bangga ada beberapa perwakilan dari QCC, SS dari PT Pasangkayu yang akan mewakili Area Celebes. Mudah-mudahan bisa terus melaju lagi ketingkat nasional. Walaupun dalam pandemi Covid-19 ini tetap kita bisa laksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan dengan social distancing dan menggunakan masker,” tutur Eka.

Sementara Administratur (ADM) PT Pasangkayu, Dani Sitorus, mengatakan ditengah kondisi yang cukup memperihatinkan bagi kita dengan adanya wabah virus Covid-19 ini, tapi kita bersyukur kita bisa hadir bersama-sama disini.

“Saya sangat bangga dan senang sekali kita berada disini walaupun kodisinya mungkin sederhana, tetapi ini menjadi salah satu ajang bagi kita bersama-sama untuk menunjukka bahwa improvement itu tidak mati, yang abadi katanya adalah perubahan dan ini kita tunjukkan,” kata Dani.

Dirinya menyebutkan kalau sudah 20 tahun berada di PT Astra Agro Lestari, dan itu kita lihat dari sejak 20 tahun yang lalu ia mengalami begitu banyak perubahan-perubahan, tidak pernah ada yang stabil, tetap saja stutman tapi selalu berubah.

“Tentu harapan kita ada perubahan yang jauh lebih baik menyikapi kondisi-kondisi yang ada. Kita mengalami juga tekanan-tekanan yang cukup besar, tentu itu juga harus disikapi,” sebut Dani.

Ia menjelaskan, perkebunan sawit tidak seperti 20 tahun yang lalu. Persaingan juga cukup besar, tantangan cukup besar, lawannya bukan hanya sawit saja, tapi juga yang lain, ini tentu harus disikapi, salah satu cara menyikapinya tentu adalah dengan improvment ini.

“Kalau kita tidak melakukan perubahan-perubahan, perbaikan-perbaikan, maka kita akan terlindas, kita tidak akan bisa bertahan. Tujuan dari improvment ini adalah bagaimana supaya kita bisa meningkatkan produktifitas kita dengan seefektif mungkin, dengan seifisien mungkin,” jelas Dani.

Menurut dia, kepada teman-teman yang ada di paguyuban di ucapkan terima kasih, karena paguyuban ini menjadi ujung tombak kita saat ini, khususnya dimasa-masa pandemi ini.

“Peran serta dari pada paguyuban ini sangat luar biasa. Pada saat awal-awal mengalami wabah virus covid-19 ini dengan begitu aktifnya bapak dan ibu melakukan penjagaan dan pengamanan dari pada warganya. Inisiatif-inisiatif seperti ini yang saya harapkan tidak berhenti, karena wabah ini belum berhenti,” tutur Dani.

Dani berharap, kita bisa sampaikan terus kepada warga kita, kita bisa menjaga lingkungan kita, kalau kesadaran itu ada, maka kita sadar, bapak sadar jaga dirinya, kalau kita sama-sama sadar, kita saling menjaga, tentu kita bisa minimalkan kita terkena virus ini.

“Saya merasa nyaman, merasa yakin, karena saya yakin bapak-bapak dan ibu sadar, sehingga mungkin keberadaan saya ditengah-tengah bapak dan ibu, saya tidak khawatir, walaupun tentunya kita harus jaga kondisi yang ada ini. Jadi harapan saya kita tidak kendor,” harapnya.

Dani mengemukakan, karena kita tinggal disini, kerja disini, lingkungan kita adalah lingkungan pekerjaan, maka mungkin itu yang agak berbeda dibandingkan dengan tempat seperti dikota-dikota, dan diharapkan kepada bapak, ibu tidak menjadi lemah, loyo, lesu.

“Saya berharap kita saling mendukung untuk saling berjuang, supaya pada saat nanti virus ini bisa diatasi, kita bisa keluar dengan kondisi selamat. Kita doakan juga saudara-saudara kita yang jauh daripada kita yang saat ini mungkin ada yang sudah terkena, ada yang berada dirumah sakit, kita doakan juga paramedis yang ada, mudah-mudahan mereka juga bisa aman dan selamat, karena yang bisa kita lakukan saat ini ada berdoa, termasuk mendoakan keluarga kita yang jauh,” ujar Dani.

Selanjutnya pengumuman untuk juara perlombaan kategori SS, yakni juara 1 Muh Faisal dari Depertemen Pabrik, juara 2 Fernandes dari Depertemen Teknik, juara 3 Herianto dari Departemen Tanaman.

Kategori QCC Non Teknis, yakni juara 1 Sufri Halwi dari Tim Polibun PT Pasangkayu, juara 2 Budi Iswanto dari Tim SD PT Pasangkayu, juara 3 Abdul Rais dari Tim SMP PT Pasangkayu.

Kategori Lomba SS KJ 4, juara 1 Nasrisal dari dDpartemen Teknik, juara 2 Syah Alam dari Departemen Administrasi dan juara 3 Taslim dari Departemen Teknik.

Kategori lomba 5K2S Paguyuban, juara 1 Paguyuban Mekar Sari dari Afdeling Kilo, juara 2 Paguyuban dari D47 Bersama, juara 3 Paguyuban Bukit Sejahtera dari Afdeling Eko, juara 4 Paguyuban Tapak Merah, juara 5 Paguyuban Rumpun Sehati. (Ansar/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya