Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia Tolak RUU Omnibus Law di Kantor DPRD Riau

15 August 2020 01:26
Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia Tolak RUU Omnibus Law di Kantor DPRD Riau
Ratusan buruh yang tergabung di KSBSI unjuk rasa menolak RUU Omnibus Law Cipta Kerja di kantor DPRD Riau Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru. (Tony Wijaya/Trans89.com)
.

PEKANBARU, TRANS89.COM – Ratusan buruh yang tergabung di Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Provinsi Riau dipimpin Juandi Hutauruk unjuk rasa menolak Rancangan Undang-undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja di kantor DPRD Riau Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Kamis (13/8/2020).

Juandi Hutauruk mengatakan, kami dari KSBSI Provinsi Riau menuntut keluarkan kluster Ketenagakerjaan dari RUU Cipta Kerja dan lakukan harmonisasi peraturan perundang-undangan terkait ketenagakerjaan dan hubungan industrial.

“Kami beralasan, muatan materi RUU mengurangi (mendegradasi) hak-hak dasar buruh, dimana landasan filosofis RUU bertentangan dengan UUD 1945,” kata Juandi.

Menurut dia, landasan sosiologis RUU tidak sesuai dengan kebutuhan buruh, dan landasan yuridis RUU tidak menyelesaikan masalah hubungan industrial, diman muatan RUU bertentangan dengan hak azasi manusia (HAM).

“RUU Ominbus Law membuat kekosongan hukum dilingkungan hubungan industrial, RUU bertentangan dengan azas peruntukan peraturan perundang-undangan, dan bertentangan dengan beberapa keputusan Makamah Konstitusi (MK),” tutur Juandi.

Sekitar 30 orang perwakilan massa aksi diterima di Ruang Medium oleh Wakil Ketua DPRD Riau Zukri Misran didampingi Anggota DPRD Riau Ade Agus Hartanto, Markarius Anwar, Agung Nugroho, Husni Thamrin, dan Kepala Dinas (Kadis) Tenaga Kerja Provinsi Riau Jonli.

Tanggapan Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Zukri Misran menyampaikan, tuntutan massa aksi kami terima dan kami pastikan hari ini akan ada Anggota DPRD Provinsi Riau yang berangkat ke Jakarta untuk menyampaikan aspirasi kaum Buruh Riau ke DPR RI di Jakarta.

“Surat aspirasi buruh Provinsi Riau akan saya tandatangani untuk dikirim ke DPR RI dan berangkat hari ini,” papar Zukri.

Perwakilan massa aksi dapat menerima tanggapan dan pernyataan Wakil Ketua DPRD Riau serta menandatangani surat pernyataan aspirasi tuntutan massa untuk di kirim ke DPR RI di Jakarta. (Tony/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya