Aliansi Mahasiswa Polman Tolak Omnibus Law di DPRD Polewali Mandar

15 August 2020 01:50
Aliansi Mahasiswa Polman Tolak Omnibus Law di DPRD Polewali Mandar
Wakil Ketua DPRD Polman, Hamzah Syamsuddin saat menerima aspirasi Aliansi Mahasiswa Polma menolak Omnibus Law RUU Cipta Lapangan Kerja di kantor DPRD, Jalan Andi Depu, Kabupaten Polman, Sulbar. (Aaron/Trans89.com)
.

POLEWALI MANDAR, TRANS89.COM – Sejumlah mahasiswa yang tergabung di Aliansi Mahasiswa Polman dipimpin Irwanto unjuk rasa menolak Omnibus Law Rancangan Undang-undang (RUU) Cipta Lapangan Kerja di kantor DPRD, Jalan Andi Depu, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar), Jumat (14/8/2020).

Orasi Irwanto mengatakan, kita diperhadapkan dengan fakta, bahwa penyusunan Omnibus Law RUU Cipta Lapangan Kerja (Cilaka) yang mengimpun 79 UU, yang sebagian besarnya mengatur tentang aspek penting dalam masyarakat.

“Alasannya, untuk merampingkan UU, dimana bertujuan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi negara yang pada hari ini masih stagnan,” kata Irwanto.

Menurut dia, perlambatan pertumbuhan ekonomi yang terjadi hari ini, disinyalir dikarenakan kurangnya keterbukaan negara terhadap pasar investasi.

“Pemerintah berdalih untuk menarik investasi, negara akhirnya bertindak tidak rasional dengan mengebiri sistem hukum Indonesia dan menggadaikan kesejahteraan rakyat,” tutur Irwanto.

Ia menyebutkan, RUU Cilaka secara akademik telah bertentangan dengan konstitusi UUD 1945, dikarenakan statusnya akan menjadi payung hukum bagi aturan yang lain.

“Sedangkan Indonesia saat ini tidak sedang menerapkan sistem hukum commo law (hukum adat), dimana hukum diatur berdasarkan pada kebiasaan yang ada di masyarakat,” sebut Irwanto.

Dirinya mengemukakan, Omnibus Law RUU Cilaka juga telah menghianati cita-cita kemerdekaan Indonesia.

“Cita-cita para pendiri bangsa ini mengingingkan terciptanya masyarakat yang sejahtera adil dan makmur,” ujar Irwanto.

Massa aksi diterima Wakil Ketua dan Anggota DPRD Polman, Hamza Syamsuddin dan Agus Pranoto menjelaskan, kami bangga dengan perjuangan adik-adik, dan akan menerima aspirasinya serta menyampaikan ke pimpinan untuk diteruskan ke pusat.

“Kami sebagai Anggota DPRD Polman, meminta kepada peserta aksi untuk bersabar dan mengawal bersama-sama terkait seluruh tuntutan peserta aksi,” jelasnya. (Aaron/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya