Kodim 1427 Pasangkayu Gelar Komsos Dengan Laksanakan Pagelaran Seni Bela Diri Tradisional

14 August 2020 23:05
Kodim 1427 Pasangkayu Gelar Komsos Dengan Laksanakan Pagelaran Seni Bela Diri Tradisional
Kodim 1427 Pasangkayu gelar Komsos dengan melaksanakan kegiatan seni bela diri tradisional pencak silat di Aula Makodim 1427 Pasangkayu Jalan Dewi Sartika, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Sarwo Kartika Roni/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Kodim 1427 Pasangkayu gelar komunikasi sosial (Komsos) dengan melaksanakan kegiatan seni bela diri tradisional pencak silat di Aula Makodim 1427 Pasangkayu Jalan Dewi Sartika, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Jumat (14/8/2020).

Nampak hadir di giat tersebut, Dandim 1427 Pasangkayu Letkol Inf Kadir Tangdiesak, Pejabat Baru Dandim 1427 Pasangkayu Letkol Novi Aldi, Ketua Ikatan Pencak Silat Indonensia (IPSI) Pasangkayu Abdul Muin, Pasiter Kodim 1427 Pasangkayu Kapten Inf Hasan, Pasilog Kodim 1427 Pasangkayu Kapten Inf Muh Barki.

Dalam sambutan Dandim 1427 Pasangkayu, Letkol Inf Kadir Tangdiesak mengatakan, penyelenggaraan kegiatan bela diri pencak silat ini sebagai salah satu wujud untuk melestarikan budaya bangsa.

“Selain itu, sekaligus sebagai upaya pemersatu nusantara, dan menjadi identitas bangsa yang sudah dipertandingkan pada skala internasional,” kata Dandim Kadir.

Menurut dia, Kodim 1427 Pasangkayu sebagai fungsi utama dari pembinaan teritorial (Binter) dalam aplikasinya, yaitu melaksanakan koordinasi dengan pemerintah daerah (Pemda), KONI dan perguruan pencak silat.

“Hal itu dalam rangka pembinaan bela diri pencak silat tradisional yang ada di wilayah Kodim 1427 Pasangkayu termasuk mengupayakan semaksimal mungkin untuk memajukan dan melestarikan budaya bangsa khususnya di wilayah Kabupaten Pasangkayu,” tutur Kadir.

Ia menjelaskan, selaku aparat komando kewilayahan (Apkowil) dapat berperan serta mendorong semangat dalam melestarikan budaya bela diri silat tradisional.

“Sasaran dengan terbentuknya jalinan kerjasama yang baik antara TNI Angkatan Darat (AD) khusunya prajurit Kodim 1427 Pasangkayu dikalangan perkumpulan bela diri silat tradisional yang ada di wilayah Kabupaten Pasangkayu,” jelas Kadir.

Sementara Ketua IPSI Pasangkayu, Abdul Muin ucapkan terima kasih kepada TNI AD khususnya Kodim 1427 Pasangkayu yang mau mengembangkan seni beladiri tradisional supaya bisa mendunia.

“Saya meminta kepada semua perguruan seni bela diri tradisional tetap menjaga kekompakan. Semua seni bela diri tradisional tetap di bawah naungan IPSI,” paparnya. (Sarwo/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya