Program Pemkab Mamuju Ditengah Pandemi Covid-19, Sahabat Rakyat Virtual Jadi Solusi

13 August 2020 02:01
Program Pemkab Mamuju Ditengah Pandemi Covid-19, Sahabat Rakyat Virtual Jadi Solusi
Pemkab Mamuju membuat program Sahabat Rakyat virtual sebagai salah satu program yang mengkombinasikan layanan langsung pemerintah kepada masyarakat dengan kegiatan dialog virtual bersama Bupati dan wakil bupati Mamuju Habsi dan Irwan. (Dok. Humas Pemkab Mamuju)
.

MAMUJU, TRANS89.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju membuat program safari sehari berbakti untuk rakyat (Sahabat Rakyat) virtual (online) sebagai salah satu program yang mengkombinasikan layanan langsung pemerintah kepada masyarakat dengan kegiatan dialog virtual bersama Bupati dan wakil bupati Mamuju Habsi dan Irwan. Pababari lewat siaran live facebook di akun Pemkab Mamuju dan live di Radio Suara Manakarra.

Kegiatan tersebut menjadi solusi di tengah upaya melakukan adaptasi kehidupan normal baru masyarakat yang masih di bayangi serangan pandemi corona khusunya di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar).

Salah seorang warga Desa Bunde, Kecamatan Sampaga, Mamuju, Tumenan saat memeriksakan kesehatan di puskesmas yang melakukan pelayanan langsung, mengaku sangat berterima kasih atas adanya program Sahabat Rakyat dari pemkab Mamuju.

“Kegiatan ini sangat membantu masyarakat ditengah kondisi saat ini yang masih serba terbatas akibat adanya virus corona,” kata Tumenan disela-sela pemriksaan dirinya di puskesmas Sampaga, Rabu (12/8/2020).

Menurut dia, program ini telah sangat membantu kami, karena sekarang keadaan begini adanya corona, tapi syukur ada Sahabat Rakyat.

“Kita masyarakat dapat pelayanan kesehatan gratis, pembuatan KTP ada juga katanya perizinan, semua ada di dekat rumah, jadi tidak harus keluar biaya ke Mamuju,” tutur Tumenan.

Sementara Bupati Mamuju, Habsi Wahid saat melakukan live virtual dari kecamatan Sampaga mengatakan, Sahabat Rakyat yang sebelumnya menghadirkan layanan langsung pemerintah di tengah masyarakat terpaksa harus segera di adaptasikan terhadap kondisi normal baru.

“Hal ini memunculkan ide melakukan kolaborasi layanan melalui virtual dan layanan langsung, sehingga upaya memutus mata rantai penularan corona tidak lantas mematikan pelayanan pemerintah kepada masyarakat,” ujar Habsi.

Dialog virtual ini dipandu Ashari rauf, sementara Habsi Wahid duduk berdampingan dengan wakil Bupati Irwan SP Pababari juga membeberkan sejumlah capaian pemerintah daerah dari berbagai aspek jika dibandingkan awal pemerintahannya.

“Capaian Pemkab Mamuju, yakni indeks pembangunan manusia (IPM) telah naik dari 65% lebih menjadi 68%, naik sekitar 2,63% persen. Sektor pertumbuhan ekonomi juga mengalami kenaikan diatas rata-rata nasional sekitar 5,4%,” kata Habsi.

Ia juga menyebutkan pendapatan perkapita juga mengalami kenaikan signifikan dari Rp30 juta lebih menjadi Rp30,9 juta atau naik sekira 9 juta, begitu pula angka harapan hidup telah mencapai 67,2 tahun.

“Atas capaian tersebut, kami ucapkan terimakasih atas kebersamaan semua elemen masyarakat yang ikut andil dalam melakukan suksesi pembangunan,” sebut Habsi.

Senada Wakil Bupati, Irwan SP Pababari menyampaikan, pemerintah tidak boleh kalah terhadap kondisi yang ditimbulkan Covid-19, namun melainkan harus tetap dapat hadir ditengah masyarakat.

“Sahabat Rakyat adalah salah satu solusi. Sahabat Rakyat virtual yang selalu di serbu masyarakat untuk menerima pelayanan kali ini dilakukan di tiga kecamatan, yakni kecamatan Sampaga, Kalumpang dan Tommo,” papar Irwan. (Adhy/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya