PPK Pasimarannu Serahkan Dokumen Dukungan Perbaikan Bapaslon Perseorangan Pilkada Selayar

11 August 2020 02:27
PPK Pasimarannu Serahkan Dokumen Dukungan Perbaikan Bapaslon Perseorangan Pilkada Selayar
Penyerahan berkas dokumen dukungan perbaikan dari PPK Pasimarannu kepada PPS dilaksanakan secara terbuka, bertempat di ruang aula kantor Camat Pasimarannu di Desa Majapahit, Kaupaten Kepulauan Selayar, Sulsel. (Andi Fadly Dg Biritta/Trans89.com)
.

KEPULAUAN SELAYAR, TRANS89.COM – Usai menempuh perjalanan laut dari daratan Ibukota Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel), dengan menumpangi KM Bunga Batari, rombongan panitia pemilihan kecamatan (PPK) Pasimarannu yang berangkat bersama rombongan Komisioner KPU Kabupaten Kepulauan Selayar, tiba dengan selamat di Pulau Bonerate, Ibukota Kecamatan Pasimarannu.

Mereka langsung melakukan kegiatan penyerahan berkas dokumen dukungan perbaikan bakal pasangan calon (bapaslon) perseorangan dalam pemilihan bupati dan wakil Bupati Kepulauan Selayar tahun 2020.

Penyerahan berkas dokumen dukungan perbaikan dari PPK Pasimarannu kepada panitia pemungutan suara (PPS) dilaksanakan secara terbuka, bertempat di ruang aula kantor Camat Pasimarannu di Desa Majapahit, Senin (10/8/2020).

Hadir digiat tersebut unsur pengawas pemilu lapangan (PPL) Panwascam Pasimarannu dan Liaison Officer (LO) atau penghubung tim bapaslon perseorangan Zainuddin-Aji Sumarno.

Ketua PPK Pasimarannu, Iskandar mengatakan, giat verifikasi faktual (verfak) berkas dokumen dukungan perbaikan akan dilaksanakan secara serentak oleh seluruh elemen PPS selama tujuh hari kedepan, terhitung mulai dari hari, Sabtu 8 sampai Minggu 16 Agustus 2020 mendatang.

“Selama delapan hari kedepan, teman-teman PPS akan kembali turun ke lapangan dan melakukan tahapan verfak terhadap kurang lebih 275 berkas dokumen dukungan perbaikan bapaslon perseorangan yang masing-masing tersebar di delapan wilayah desa di Kecamatan Pasimarannu,” kata Iskandar.

Menurut dia, hanya saja proses verfak kali ini akan sedikit berbeda dengan metode verfak sebelumnya, karena teman-teman tinggal akan menggunakan metode kolektif.

“Saya mengingatkan agar dalam pelaksanaan verfak, jajaran PPS dapat senantiasa berkoordinasi dengan LO penghubung pasangan calon di masing-masing desa,” tutur Iskandar.

Ia meminta jajaran PPS untuk senantiasa mengedepankan netralitas, integritas, menjaga independensi, serta tidak mempertaruhkan idealisme, dan berharap agar proses verfak dapat dilaksanakan secara terstruktur, tertib, dan terukur, tanpa harus menghadapi kendala tekhnis yang berarti di lapangan.

“Tetap ikuti standar protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah dan ketentuan PKPU nomor 6 tahun 2020, tentang pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati danatau wali kota dan wakil wali kota serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam Covid-19,” pinta Iskandar.

Dirinya menyebutkan, tahapan verfak berkas dokumen dukungan perbaikan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan PKPU nomor 5 tahun 2020, tentang perubahan ketiga PKPU nomor 15 2019.

“Hal itu tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan bakal calon bupati dan wakil bupati Selayar tahun 2020,” sebut Iskandar. (Fadly/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya