Pebalap Red Bull KTM Factory Racing Brad Binder Raih Kemenangan Pertama di MotoGP Ceko 2020

10 August 2020 02:50
Pebalap Red Bull KTM Factory Racing Brad Binder Raih Kemenangan Pertama di MotoGP Ceko 2020
Pebalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder saat di podium MotoGP Ceko 2020. (twitter MotoGP)
.

CEKO, TRANS89.COM – Pebalap Red Bull KTM Factory Racing asal Afrika Selatan, Brad Binder meraih kemenangan pertama di MotoGP Ceko. Hasil MotoGP Ceko bisa disimak di balapan Brno, Ceko, Minggu (9/8/2020) malam WIB.

Binder menjadi yang tercepat dalam 21 putaran dengan catatan waktu 41 menit 38,764 detik. Pebalap Redbull KTM itu menyalip Franco Morbidelli saat balapan menyisakan sembilan lap lagi.

Dengan kemenangan ini, Binder pun memutus laju kemenangan Fabio Quartararo, dimana dua balapan sebelumnya, rider Petronas Yamha SRT itu yang menjadi pemenangnya.

Menyusul Brad Binder di posisi kedua ada Morbidelli yang menyentuh garis finis lebih lambat 5,266 detik dibandingkan pebalap 24 tahun itu.

Melengkapi posisi podium ada rider Avintia, Johann Zarco. Pebalap asal Prancis itu sempat mendapatkan penalti long lap hingga finis di posisi ketiga dengan jarak waktu 6,470 detik dari Brad Binder.

Zarco dinilai bersalah saat bersenggolan dengan Pol Espargaro hingga membuat pebalap KTM itu terjatuh saat balapan menyisakan 13 lap.

Pada posisi 10 besar ada Alex Rins, Valentino Rossi, Miguel Oliveira, Fabio Quartararo, Takaaki Nakagami, Jack Miller, dan Aleix Espargaro

Duo pebalap Repsol Honda tak ada yang menembus posisi 10 besar. Alex Marquez ada di posisi ke-15. Sedangkan Stefan Bradl ada di posisi ke-18 alias paling belakang.

Dengan kemenangan ini, Brad Binder pun mencatatkan 28 poin hasil dari tiga kali balapan. Dalam dua seri sebelumnya, pebalap Afrika Selatan itu finis ke-13 di MotoGP Spanyol dan gagal finis di MotoGP Andalusia Spanyol.

Ini adalah kemenangan pertama Binder di ajang MotoGP. Rider 24 tahun asal Afrika Selatan ini juga baru menjalani musim pertamanya di MotoGP.

Hasil MotoGP Ceko 2020. (Internet)

Sementara pebalap Petronas Yamha SRT, Fabio Quartararo yang menjuaria dua seri sebelumnya kali ini gagal naik podium di MotoGP Ceko, namun rider asal Prancis itu masih memimpin klasemen MotoGP 2020.

Meski gagal naik podium, Quartararo masih memimpin klasemen MotoGP dengan 59 poin. Posisi kedua tetap dihuni oleh Maverick Vinales dengan 42 poin setelah finis di Ceko pada urutan ke-14.

Morbidelli langsung loncat ke posisi tiga klasemen dengan 31 poin. Dia sebelumnya ada di posisi kesebelas dengan 11 poin. Poin Morbideli sama Andrea Dovizioso yang ada di posisi keempat. Tepat di belakang dua pebalap tersebut ada Binder dengan 28 angka.

Valentino Rossi harus puas duduk di posisi ketujuh untuk sementara waktu. The Doctor mengoleksi 27 poin dari tiga seri MotoGP yang sudah berjalan. (Nis)

Klasemen Sementara MotoGP 2020. (Internet)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya