Pemprov Sulawesi Barat Review Pelaksanaan Penanganan Covid-19

09 August 2020 00:41
Pemprov Sulawesi Barat Review Pelaksanaan Penanganan Covid-19
Sekprov Sulbar Muhammad Idris pimpin rakor data akuntabilitas penanganan Covid-19 di Sulbar berlangsung di ruang meeting lantai II kantor gubernur Sulbar Jalan Abd Malik Pattana Endeng, Rangas, Simboro, Kabupaten Mamuju. (Dok. Dinas Kominfo Sulbar)
.

MAMUJU, TRANS89.COM – Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Barat (Sulbar) Muhammad Idris pimpin rapat koordinasi (rakor) data akuntabilitas penanganan Covid-19 di Sulbar berlangsung di ruang meeting lantai II kantor gubernur Sulbar Jalan Abd Malik Pattana Endeng, Rangas, Simboro, Kabupaten Mamuju.

Pertemuan tersebut dilaksanakan guna melakukan review terhadap pelaksanaan penangangan Covid-19 di Sulbar selama lima bulan terakhir.

“Pada dasarnya, apa yang kita rapatkan kali ini adalah mereview pelaksanaan penanganan Covid-19 kurang lebih lima bulan, yaitu dari April, Mei, Juni, Juli hingga Agustus,” kata Idris di Mamuju, Jumat (7/8/2020).

Menurut dia, report rakor penanganan Covid-19 yang dilakukan hingga bulan Agustus itu, dinilai dapat lebih efektif dalam mengambil suatu kebijakan dan inovasi serta intervensi penanganan pandemi corona ini.

“Ini kita rapat mengenai penyusunan laporan akuntabilitas penanganan Covid -19 di Sulbar, karena kita ingin memberi report kepada pemerintah pusat dalam hal ini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kemudian dari BPKP dan Ombudsman,” tutur Idris.

Ia menjelaskan, tujuan pelaksanaan rakor sebagai upaya penyiapan dokumen dimulai dari kebijakan, pengorganisasian, penganggaran hingga pelaksanaan kegiatan penanganan Covid-19 yang dapat diakses serta dibaca oleh seluruh masyarakat.

“Sulbar harus bisa menunjukkan bahwa provinsi kita malaqbiq, yang artinya apa yang dikerjakan harus dilaporkan ke publik terutama mitra kita secara nasional,” jelas Idris.

Dirinya berharap, bersama kiranya pemerintah pusat dapat melihat keseriusan pemerintah daerah dalam hal ini Tim Gugus Tugas yang di komandoi oleh Gubernur Sulbar dalam penanganan itu dengan cara dan kebijakan masing-masing stakeholder terkait.

“Walaupun telah diketahui secara seksama, diawal pandemi Pemprov Sulbar tidak memiliki pengalaman penanganan terhadap virus tersebut,” demikian Idris. (Adhy/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya