Aliansi Mahasiswa Universitas Airlangga Minta Pemotongan UKT 50%

07 August 2020 02:24
Aliansi Mahasiswa Universitas Airlangga Minta Pemotongan UKT 50%
Sejumlah massa dari Aliansi Mahasiswa Unair aksi lanjutan meminta keringanan biaya kuliah selama pandemi Covid-19 di halaman Gedung Rektorat Kampus C Unair Jalan Ir Soekarno, Kota Surabaya, Jatim. (Awin D/Trans89.com)
.

SURABAYA, TRANS89.COM – Sejumlah massa dari Aliansi Mahasiswa Unair (AMU) dipimpin Boby Kanaya aksi lanjutan meminta keringanan biaya kuliah selama pandemi Covid-19 di halaman Gedung Rektorat Kampus C Universitas Airlangga (Unair) Jalan Ir Soekarno, Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Rabu (5/8/2020).

Massa aksi membentangkan spanduk dan poster yang bertuliskan, cukup Rektor yang ruwet kamu jangan, cukup dia yang menolak rektorat, ada apa dengan rektorat, potong UKT massal 50%, Unair kampus mahal, banding bukan alasan, stop komersial pendidikan, selamat datang di kampus mahal, Pak Nasih kami rindu.

Orasi Boby Kanaya meminta turunkan pembayaran uan kuliah tunggal (UKT) sekurang-kurangnya 50% tanpa syarat kepada semua golongan dan semua jalur mahasiswa.

“Transparansi alokasi biaya pendidikan Unair, penuhi kuota internet untuk pembelajaran mahasiswa,” pinta Boby.

Ia juga memintabebaskan biaya perkulihan bagi mahasiswa hanya sedang menempuh tugas akhir.

“Legalitas 4 tuntutan kami dalam bentuk surat keuputusan (SK) Rektor Unair yang baru mengenai pembiayaan UKT,” tegas Boby.

Seluruh massa aksi ditemui di halaman Gedung Rektorat Kampus C Unair oleh Wakil Rektor I Unair Ni Nyoman Tri Puspaningsih., Direktur Keuangan Unair Ardianto, Direktur Kemahasiswaan Unair Hadi Subehan.

Ni Nyoman menyampaikan hasil kesepakatan bersama Aliansi Mahasiswa Unair pada hari Sabtu Agustus 2020 lalu, bahwa terbitnya kebijakan dalam bentuk SK Rektor Unair mengenai pemberlakuan biaya UKT sebesar 50% kepada semua golongan dan jalur (SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri).

“Bagi mahasiswa tingkat akhir yang hanya mengambil mata kuliah akhir, tugas skripsi atau sejenisnya pada semester akhir tahun ajaran 2020-2021,” paparnya.

Lanjut Ni Nyoman, diperpanjangnya pengajuan penurunan UKT mahasiswa dengan syarat yang itdak memberatkan mahasiswa yang didibuka sampai Rabu 5 Agustus 2020 dengan alasan rasional diterima dengan kreteria yang telah ditentukan.

“Utuk rekomendasi kebijakan kampus Airlangga poin 4 telah diterima oleh pihak rektorat dan janji akan dipenuhi semester depan tentang permintaan fasilitas pembiayaan daring (on line),” tambahnya. (Awin/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya