PT Mamuang Gelar Awarding InovAgro dan 5K2S, Jumali: Manfaatkan Kemajuan Teknologi Digital

06 August 2020 00:00
PT Mamuang Gelar Awarding InovAgro dan 5K2S, Jumali: Manfaatkan Kemajuan Teknologi Digital
PT Mamuang gelar awarding InovAgro 5K2S, berlangsung di Gazebo Perumahan Kapro PT Mamuang di Desa Martasari, Kecamatan Pedongga, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Muhammad Tahir Pilo/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Anak usaha PT Astra Agro Lestari (AAL) Tbk Group Area Celebes 1 (C1) yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit PT Mamuang gelar awarding inovasi agro (InovAgro) dan ketertiban, kerapihan, kebersihan, kelestarian, kedisiplinan, semangat kerja dan safety (5K2S), berlangsung di Gazebo Perumahan Kapro PT Mamuang di Desa Martasari, Kecamatan Pedongga, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Selasa (5/8/2020) malam.

Awarding InnovArgo XIX dan 5K2S PT Mamuang diawali pembacaan doa, pemutaran film dokumenter portokol kesehatan Convid-19, lagu mars Astra dan padamu negri, nominasi juara Innovargo dan pesona Mamuang Narasa (Mamuang Enak).

Dalam sambutan Ketua Komite Improvement Astra Agro PT Mamuang sekaligus Asisten Kepala (Askep), Muhammad Imran ucapkan terima kasihkepada seluruh tamu undangan yang hadir dalam kegiatan ini.

“Semoga kedepannya teman-teman improvisasinya bisa lebih semangat lagi untuk berinovasi demi kemajuan perusahaan di masa-masa datang,” ucap Imran.

Menurut dia, kategori yang di perlombakan awarding InovAgro PT Mamuang yakni sugestion system/sistem saran (SS), quality control crcle/kontrol kualitas lingkaran XIX (QCC), quality control projects/proyek kontrol kualitas (QCP), dan 5K2S.

PT Mamuang ini merupakan anak usaha PT Astra Agro yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit semakin optimistis dengan target-target yang akan dicapai,” tutur Imran.

Ia menjelaskan monitoring cost oprasional (memantau biaya transportasi) menjadi rendah, dan produksi tetap meningkat dengan adanya upaya inovasi baru, diman itu merupakan prospek serta peluang besar yang terbuka pada industri ini dengan terus menerus melakukan inovasi.

“Dalam melakukan inovasi harus ada tiga yang dilakukan istiqomah, istikharah dan istighfar serta selalu melakukan yang terbaik buat perusahaan agar bisa bertahan juga profit,” jelas Imran.

Sementara Administratur (ADM) PT Mamuang, Jumali mengatakan, untuk melaksanakan improvisasi ini harus dengan semangat, konsistensi dan bersinergi dengan operasional kebun untuk selalu melakukan inovasi di segala bidang dalam memajukan perusahaan PT Mamuang yang kita cintai ini.

“Improvisasi atau improvement ini menjadi program yang sangat penting bagi manajemen PT Mamuang yang ingin memastikan bahwa operasional perusahaan berlangsung excellence sehingga produktivitas semakin meningkat,” kata Jumali.

Dirinya menyebutkan, beberapa improvement dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan dan kekuatan teknologi digital dengan upaya meningkatkan efektivitas dan efisiensi baik dalam proses rawat, panen sampai pengankutan buah kelapa sawit ke pabrik untuk olah.

“Kedepan, diharapkan ada ide-ide baru untuk terus di gali dan kami implementasikan untuk memastikan operasional perusahaan berjalan secara excellence. Ini sebagai wujud dari visi misi Astra Agro yang ingin menjadikan Astra Agro kususnya PT Mamuang sebagai perusahaan paling produktif dan inovatif,” sebut Jumali.

Ia mengemukakan, untuk mencapai target yang ditetapkan akan tercapai dengan upaya menangkap prospek dan peluang besar terbuka lebar pada industri ini, maka kita perkuat dengan terus melakukan inovasi.

“Kita lihat saat pemutaran vidio mars Astra dan padamu negeri, apa yang bisa kita lakukan 1-2-3 janjang menurunkan buah kelapa sawit dengan begitu besar risikonya, tapi saat ini saya melihat semua karyawan sudah safety dengan sadar lakukan disiplin apel pagi, bekerja dengan menggunakan helm APD untuk kelengkapan kerja maupun saat menggunakan motor roda dua,” ujar Jumali.

Jumali juga mengakui kalau para karyawan di supervisi asisten askep sampai ke bawahannya semua yang harus di jaga keselamatannya.

“Apa artinya uang, apa artinya harta benda, namau kalau kita tidak nyaman. Apa artinya harta, apa artinya diri kita kalau jadi kita tidak sehat semua semua. Dan pada intinya, marilah kita bekerja dengan safety dan mencintai pekerjaan kita ini di Astra Agro,” ajak Jumlai.

Selanjutnya pengumuman untuk juara, perlonbaan kategori QCP yakni juara satu Tim King J dari Departemen Teknik, juara dua Tim New Ratu dari Rayon 1 dan Departemen Teknik, juara tiga Tim Mamuang Bersatu dari Rayon Tiga dan Departemen Teknik.

Kategori QCC Teknis, juara satu Tim Lestari daro Afdeling Lima, juara dua Tim Gencep dari Gudang Administrasi, juara tiga Tim Mutiara Delta dari Afdeling Delta.

Lomba QCC Non Teknis, juara satu Tim Kreatif dari Guru TK Tunas Harapan, juara dua Tim Serumpun Lestari dari Afdeling Lima, juara tiga Tim Barokah dari Keuangan Administrasi.

Lomba SS KJ 4, juara satu Ahmad Hidayat dari Administrasi, juara dua Amry M Lubis dari Rayon Satu, juara tiga Mondy Victor dari Departemen PDCA.

Lomba SS KJ 1-3, juara satu M Isroni dari Afdeling Carly, juara dua Ahmadi dari Administrasi, juara tiga Andi Faizal dari Administrasi.

Protector millenial 5K2S kategori rumah sehat perumahan teknik Erlin Dani dari Turman Afdeling Delta, Anton dari Afdeling Mike dan perumahan kapro Asdang Asisten Afdeling India.

Juara lomba 5K2S Paguyuban, juara 1 Paguyuban Serumpun Lestari dari Afdeling Lima, juara 2 Paguyuban Hotel Nagaya dari Afdeling Hotel, juara 3 Paguyuban Sawit Mitra Selaras (SMS) dari Departemen Teknik. (Pilo/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya