Musda I MUI Mamuju Tengah, Askary: MUI Dapat Bersinergi Dengan Pemerintah

06 August 2020 01:46
Musda I MUI Mamuju Tengah, Askary: MUI Dapat Bersinergi Dengan Pemerintah
MUI Kabupaten Mamuju Tengah gelar Musda I berlangsung di aula kantor Bupati Mateng, Sulbar. (Damone/Trans89.com)
.

MAMUJU TENGAH, TRANS89.COM – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mamuju Tengah gelar Musyawarah Daerah (Musda) pertama dengan tema, ‘meningkatkan ukhuwah, menjaga aqidah dan akhlak bangsa serta meningkatkan ekonomi ummat’, berlangsung di aula kantor Bupati Mamuju Tengah (Mateng), Sulawesi Barat (Sulbar), Rabu (5/8/2020).

Sambutan KEtua Panitia Musda I MUI Mateng, Jawise mengatakan, para ulama sabagai pewaris nabi dan pimpinan ummat harus lebih meningkatkan peran dan fungsinya, sehingga mampu mengarahkan dan mengawal Ummat Islam dalam melaksanakan aqidah Islamiyah.

“Selain itu, membimbing ummat dalam menjalankan ibadah, pengembangkan muamalat dan sekaligus menjadi panutan akhlakul karimah dalam rangka mewujudkan khairah ummah,” kata Jawise.

Menurut dia, MUI sebagai wadah ulama zu’ama dan cendekiawan muslim serta sebagai wadah yang mewakili ummat Islam dalam hubungan dan konsultasi agar ummat beragama juga sebagai pemberi fatwa, hukum kepada ummat Islam dan pemerintah baik diminta maupun tidak.

“Jadi seyogyanya lebih peka untuk menyahuti masalah-masalah sosial kemasyarakatan pada masa-masa yang akan datang,” tutur Jawise.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Mateng, Mahmuddin ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mateng, MUI Mateng dan seluruh pihak yang telah bekerjasama untuk membangun aqidah ummat Mateng, Insya Allah.

“Kepengurusan MUI yang ada Kabupaten Mateng dengan pengalaman selama 5 tahun, dimana nantinya pengurus MUI yang terpilih dapat lebih baik lagi dengan kepengurusan berikutnya, sehingga dapat menjadi pembina aqidah, pemersatu ummat di Mateng,” ucapnya.

Sekda Kabupaten Mateng, Askary Anwar menyampaikan, MUI adalah sebuah lembaga yang besar yang memang dan punya peran terhadap bangsa kita Indonesia,

“Esistensi MUI yang ada di Mateng dapat bersinergi dengan pemerintah bahkan dapat mengawal program-program pemerintah. MUI sungguh berperan dalam kegiatan-kegiatan pembangunan, sosial dan keagamaan,” paparnya.

Acara dilanjutkan dengan kegiatan internal Musda I MUI Mateng. Hadir di giat tersebut, Ketua MUI Sulbar KH Abdul Mannang, Ketua MUI Mateng Ustad Muh Kosim, Anggota DPRD Mateng Syahrul Sukardi, perwakilan Ormas Islam dan FKUB Mateng. (Damone/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya