Tradisi Satuan Kodim 0913 Penajam Paser Utara, Penjabat Dandim Lama Menyambut Penjabat Baru

02 August 2020 21:33
Tradisi Satuan Kodim 0913 Penajam Paser Utara, Penjabat Dandim Lama Menyambut Penjabat Baru
Tongkat Komando pimpinan dari Dandim 0913 PPU Letkol Inf Mahmud kepada Letkol Inf Dharmawan Setyo Nugroho resmi menjadi warga Kodim 0913 PPU melalui acara tradisi masuk satuan Makodim 0913 PPU di Kelurahan Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU, Kaltim. (Penrem 091 Aji Surya Natakesuma)
.

PENAJAM PASER UTARA, TRANS89.COM – Tongkat Komando pimpinan Kodim 1913 Penajam Paser Utara (PPU) di bawah kendali Korem 091 Aji Surya Natakesuma (ASN), Kodam VI Mulawarman akan berpindah tangan.

Rencananya Letnan Kolonel (Letkol) Inf Dharmawan Setyo Nugroho yang akan menjabat sebagai Komandan Kodim (Dandim) 0913 PPU baru yang akan mengantikan Letkol Inf Mahmud.

Letkol Inf Dharmawan Setyo Nugroho resmi menjadi warga Kodim 0913 PPU melalui acara tradisi masuk satuan Makodim 0913 PPU di Kelurahan Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU, Kalimantan Timur (Kaltim).

Kegiatan diawali dengan pengalungan manik-manik oleh Dandim 0913 PPU, Letkol Inf Mahmud kepada Letkol Inf Dharmawan Setyo Nugroho dan pemberian buket bunga oleh Ketua Persit KCK Cab LXV Dim 0913 PPU, Ny Ningsih Mahmud kepada Ny Santi Dharmawan serta di sambut dengan tradisi tepung tawar.

Dilanjutkan ucapan selamat datang dari Kapolres PPU, Ketua DPRD Kabupaten PPU, perwakilan Kejaksaan Negri (Kejari) PPU, perwakilan Pengadilan Negri (PN), perwakilan Pengadilan Agama, anggota Kodim beserta istri dan PNS Kodim 0913 PPU.

Dandim 0913 PPU, Letkol Inf Mahmud mengatakan, kegiatan ini bukan hanya sekedar seremonial belaka, karena siapapun yang datang ke satu wilayah harus disambut dengan baik.

“Tidak hanya sekedar datang, memang secara fisik sudah datang, akan tetapi jiwanya juga harus menyatu dengan kesatuan yang baru,” kata Dandim Mahmud melalui rilis tertulisnya diterima Redaksi, Minggu (2/8/2020).

Menurut dia, kita merupakan bagian dari keluarga Kodim 0913 PPU, sarana dan kegiatan ini memang sudah menjadi tradisi serta diatur sesuai protap.

“Ada kesan datang tampak muka dan pergi tampak punggung, datang kita sambut dan pergi kita hantarkan. Itu sudah menjadi tradisi, dan suatu kewajaran bagi kita sebagai orang timur,” tutur Mahmud.

Ia mengucapkan selamat datang kepada Letkol Inf Dharmawan dan Ny Santi Dharmawan serta sudah sah menjadi warga Kodim 0913 PPU.

“Saya yakin dan percaya, satuan ini dibawah kepemimpinan Letkol Inf Dharmawan akan lebih baik dan lebih maju lagi, dan kita harapkan kemajuan akan menyamai Kodim-Kodim yang telah lama terbentuk,” ucap Mahmud.

Diketahui, berganti tongkat kepemimpinan Kodim 0913 PPU Letkol Inf Mahmud akan menyerahkan tugas dan tanggungjawab kepada Letkol Inf Dharmawan Setyo Nugroho pada tanggal 4 Agustus 2020 mendatang di Makorem 091 ASN.

Sedangkan Letkol Inf Dharmawan Setyo Nugroho sebelumnya menjabat sebagai Komandan Secata Rindam VI Mulawarman di Kaliman Selatan (Kalsel), sedangkan Dandim lama Letkol Inf Mahmud akan masuk pada kesatuan barunya yaitu di Brigif 14 sebagai Kasbrig Bulungan di Kalimantan Utara (Kaltara). (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya