Kemendes PDTT Kunker di Pamekasan, Bupati Laporkan Program Terealisasi Maupun Yang Belum

02 August 2020 00:21
Kemendes PDTT Kunker di Pamekasan, Bupati Laporkan Program Terealisasi Maupun Yang Belum
Kunker Kemendes PDTT, Halim Iskandar dihadiri para Kades se-Kabupaten Pamekasan di Lapangan Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan, Jatim. (Awin D/Trans89.com)
.

PAMEKASAN, TRANS89.COM – Kunjungan kerja (Kunker) Menteri Desa Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Halim Iskandar yang dihadiri para Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Pamekasan di Lapangan Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur (Jatim), Sabtu (1/8/2020).

Hadir di giat tersebut, Bupati Pamekasan Badrut Tamam, Wakil Bupati Raja’e, Kapolres AKBP Djoko Lestari, Dandim 0826 Pamekasan Letkol Inf Efendi MS, KH Mujib, KH Muzammil, KH Ahmad Madani, KH Taufik Hasim, Anggota DP RI Zainudin Asmoro, Ketua DPRD Jatim Kusnadi.

Rombongan Kemendes PDTT Halim Iskandar di sambut dengan lantunan sholawat serta sekaligus pemberian santunan kepada anak yatim.

Sambutan Bupati Pamekasan, Badrut Tamam ucapkan terimakasih dan selamat datang atas kehadiran Kemendes PDTT serta kepara panitia juga hadirin sekalian.

“Pamekasan mempunyai program strategis seperti reformasi birokrasi, kita sudah mendapat penghargaan dari pemerintah pusat sebagai bupati tercepat membangun di wilayah teritorial kita. Ada 4 program strategis yang sudah kita lakukan,” ucap Badrut.

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan telah memprogramkan kesehatan, dimana pelayanan mobil sehat yang excelen terdepan untuk menjemput warga yang sakit dan mengantar ke rumah ketika sudah sembuh, warga tidak susah payah dan tinggal menelpon pasti akan terlayani.

“Ekonomi desa tematik, kita majukan semua usaha-usaha sesuai apa yang bisa dikembangkan di desa dan usaha apapun akan kita bantu melalui kredit bank dengan angunan 1%, hingga kucuran dana dari Pemda dalam rangka penanggulangan ekonomi desa,” tutur Badrut.

Ia menjelaskan, pendidikan, dimana Pemda Pamekasan sudah bisa mengucurkan dana beasiswa untuk 2.000 santri atau siswa yang tidak mampu dan para santri yang tergabung dalam program Hafidz kami bantu untuk melanjutkan kariernya sampai tingkat nasional bahkan internasional.

“Infrastruktur, di Pamekasan ada 80 desa yang kadang mengalami kekurangan air karena faktor alam, yang biasanya di alami ketika musim kemarau tiba. Pemda Pamekasan memberikan bantuan air bersih melalui tangki air yang sudah kita siapkan,” jelas Badrut.

Dirinya merasa bersyukur atas datangnya Gus Menteri karena bisa memberi motivasi pada kita, dan saat ini Gus Menteri bisa melihat secara nyata tentang kemajuan yang sudah tercapai dan yang masih dalam rangka pembangunan kedepan berupa program pembangunan strategis kita.

“Pembangunan jalan, jembatan, irigasi, dan lain lain, semua setiap tahun kita bangun dengan menggunakan dana desa (DD). Bila pembangunan ini bisa kita lanjutkan dan bisa kita jaga, Insya Allah Indonesia akan maju. Dengan membangun berkesinambungan dan dengan kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dengan perangkat desa bisa dipastikan kita akan mampu untuk mamajukan Pamekasan ini,” ujar Badrut.

Sementara Kemendes PDTT, Halim Iskandar ucapkan Alhamdulillah kami bisa bertatap muka dengan bupati dan para camat dan para Kades Pamekasan.

“Pembangunan tingkat Pamekasan ada kemajuan dari peringkat 32 menjadi peringkat 30. Namun diantara kabupaten di Pulau Madura, Pamekasan masih nomor satu. Untuk itu kita harus bersyukur, karena untuk mencapai itu sangatlah berat,” ucap Menteri Halim.

Saat ini dirinya bersama dengan para staf Kemendes PDTT dan Kementerian Pertanian (Kementan)akan lakukan koordinasi denga para Kades.

“Jadi nanti kalau ada diantara Kades mau koordinasi bahkan bertanya langsung tentang tata cara membangun desa disektor pembangunan pertanian, silahkan,” ujar Halim.

Ia menyebutkan, konsep pembangunan desa dan target desa bisa kita capai melalui beberapa hal dalam memajukan desa.

“Hal itu agar desa tanpa kemiskinan, desa tanpa kelaparan, program pendidikan yang berkualitas, program kesehatan masyarakat agar terjamin serta berjalan lancar. Insya Allah Pamekasan jadi peringkat ke 25 di Provinsi Jawa Timur,” sebut Halim. (Awin/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya