Dinsos Pasangkayu Serahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran di Desa Kulu

30 July 2020 20:02
Dinsos Pasangkayu Serahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran di Desa Kulu
Dinsos Kabupaten Pasangkayu berikan bantuan kepada korban kebakaran di Dusun Buluvidu, Desa Kulu, Kecamatan Lariang, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Sarwo Kartika Roni/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pasangkayu berikan bantuan kepada korban kebakaran di Dusun Buluvidu, Desa Kulu, Kecamatan Lariang, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Kamis (30/7/2020).

Sebelumnya kebakaran terjadi pada hari Rabu 29 Juli 2020, sekitar pukul 16.30 WITA, dimana api berasal dari rumah milik Kasbin, kemudian merembet ke rumah Haria dan rumah Sudarmin. Dan kerugian akibat kebakaran setelah dihitung diperkirakan mencapai Rp150 juta dan tidak ada korban jiwa.

Sementara penerima bantuan korban kebakaran dari Dinsos Pasangkayu, Khasbin (53), Haria (60), dan Sudarmin (45), ketiganya petani.

Hadir menyerahkan bantuan, Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinsos Pasangkayu Irwan Lasibe, Sekertaris Desa Kulu Asda, Kepala Urusan (Kaur) Keuangan Pemerintah Desa (Pemdes) Kulu Tasrun.

Kabid Linjamsos Dinsos Pasangkayu, Irwan Lasibe mengatakan, setelah kami mendapatkan laporan bahwa 3 rumah di Desa Kulu terbakar, diduga karena arus pendek atau terjadi konsleting listrik, serta ada surat permintaan bantuan dari Pemdes Kulu, sehingga hari ini kami mengantarkan sekaligus menyerahkan paket bantuan kepada mereka korban kebakaran.

“Adapun paket bantuan yang kami serahkan, beras tiga karung berisikan masing-masing 50 kilogram (Kg), matras 3 buah, selimut 6 buah, tenda 6 buah, famili kit 3 paket, pakaian anak sekolah untuk SD 4 pasang dan SMA 3 pasang, paket perlengkapan dapur 3 dos, mie instan 3 dos, minyak goreng dan lauk pauk 18 paket, sarung 13 buah, pakaian 5 buah dan alat mandi 3 paket,” kata Irwan

Menurut dia, bantuan yang kami serahkan ini akan ditindaklanjuti oleh Pemdes Kulu untuk membagikan kepada para korban kebakaran dengan secara adil.

“Dengan adanya bantuan dari Dinsos ini, saya berharap bisa bermanfaat bagi para korban, meski nilainya tidak sebanding dengan kerugian yang dialami,” tutur Irwan.

Sementara Sekdes Kulu, Asdar menyampaikan, paket bantuan dari Dinsos Kabupaten Pasangkayu telah kami bagikan kepada tiga kepala keluarga (KK) korban kebakaran.

“Sebelum kami bagi, kami dari Pemdes Kulu terlebih dahulu meminta kesepakatan dari para korban, mengingat bantuan yang tersedia jumlahnya tidak merata,” papar Asdar.

Lanjut Asdar, berdasarkan kesepakatan mereka (korban kebakaran), saudara Sudarmin dan Haria sepakat memberikan lebih banyak kepada keluarga Kasbin.

“Alasan mereka bahwa keluarga Kasbin sama sekali tidak ada lagi barang-barang yang bisa diselamatkan dan semuanya habis terbakar,” tambah Asdar. (Sarwo/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya