Petani Deli Serdang Long March ke Istana Negara di Jakarta Tiba di Jambi

25 July 2020 17:17
Petani Deli Serdang Long March ke Istana Negara di Jakarta Tiba di Jambi
Massa gabungan Petani Simalingkar dan Mencirin Bersatu Kabupaten Deli Serdang, Sumut lakukan long march dari Deli Serdang menuju Jakarta untuk menyampikan aspirasinya di Istana Negara dan Kementerian ATR/BPN tiba di Kota Jambi. (Ferry/Trans89.com)
.

JAMBI, TRANS89.COM – Massa gabungan Petani Simalingkar dan Mencirin Bersatu Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara (Sumut) dipimpin Wahyudi yang melakukan long march dari Deli Serdang menuju Jakarta untuk menyampikan aspirasinya di Istana Negara dan Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanaha Nasional (ATR/BPN) tiba di Kota Jambi.

Dalam aksi longmarch terkait konflik agraria antara Serikat Petani Simalingkar dan Mencirin Bersatu dengan PTPN II Deli Serdang, Sumut, lakukan aksi di Simpang BI Telanaipura, Kota Jambi, Jumat (24/7/2020).

Aksi petani dari Serikat Petani Simalingkar dan Mencirin Bersatu Deli Serdang sejak tanggal 25 Juni 2020 telah melakukan aksi jalan kaki dari Kota Medan menuju Istana Jakarta, kemudian pada tanggal 23 Juli 2020 massa petani tersebut tiba di Kota Jambi pada pukul 20.30 WIB dan menginap di Posko Konsorsium Pembaharuan Agraria (KPA) Jambi.

Di simpang BI Telanaipura Kota Jambi, terdapat beberapa organisasi mendukung aksi Petani Serikat Petani Simalingkar dan Mencirin Bersatu Deli Serdang, yakni Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) dipimpin Frandody, Serikat Buruh Perkebunan Indonesia (Serbundo) Jambi dipimpin Irman, dan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) dipimpin Echo Marbun.

Tuntutan massa aksi, meminta Presiden Joko Widodo segera bubarkan PTPN II, negara hadir dalam rangka penyelenggaran konflik agraria di Deli Serdang, berikan tanah dan sertifikan kepada petani Simalingkar dan Mencirin, hentikan kriminilisasi terhadap petani.

Sekira pukul 09.00 WIB, massa petani tiba di Simpang BI Telanaipura, Kota Jambi dan langsung konsolidasi untuk mengabarkan kepada warga dan masyarakat sekitarnya terkait persoalan yang mereka hadapi agar simpatik terhadap perjuangan mereka.

Pukul 10.00 WIB, massa petani dari Serikat Petani Simalingkar dan Mencirin Bersatu Deli Serdang melanjutkan perjalanan menuju Istana Jakarta melalui jalan darat. (Ferry/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya