UIN Ar-Raniry Banda Aceh Kemungkinan Kembali Terapkan Kuliah Daring Semester Depan, Mukhlisin: Tidak Perlu Membayar UKT

23 July 2020 01:23
UIN Ar-Raniry Banda Aceh Kemungkinan Kembali Terapkan Kuliah Daring Semester Depan, Mukhlisin: Tidak Perlu Membayar UKT
Ketua Dema Febi UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Mukhlisin. (Aljawahir/Trans89.com)
.

BANDA ACEH, TRANS89.COM – Setelah di kabarkan oleh pihak Rektorat dan Dekan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, bahwa semester depan yaitu semester ganjil masih kemungkinan tetap dilaksanakan kuliah jarak jauh berbasis internet (kuliah daring), karena masih dalam masa pencegahan penyebaran virus corona.

Ketua Umum Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Fakultas Ekonommi dan Bisnis Islam (Febi) UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Mukhlisin mengatakan, mahasiswa tidak perlu membayar uang kuliah tunggal (UKT) atau sumbangan pembinaan pendidikan (SPP).

“Jika mahasiswa tidak serius dan tidak memiliki inisitiaf yang tinggi untuk belajar di semester depan, tdak perlu membayar UKT,” kata Mukhlisin di Sekretariat Program Kreativitas Mahasiswa PKM UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Rabu (22/7/2020).

Menurut dia, berdasarkan pengamatan empiris selama berlangsungnya perkuliahan daring belakangan ini, itu belum efektif.

“Proses belajar mengajar via daring belum maksimal dalam penerapannya, karena para mahasiswa mengikuti proses belajar mengajar tanpa pengawasan selama perkuliahan, sehingga mahasiswa tidak serius mengikutinya,” tutur Mukhlisin

Ia mengatakan, semua mahasiswa harus mengedepankan keseriusan dan inisiatif yang tinggi dalam proses transfer ilmu pengetahuan.

“Proses perkuliahan via daring ini menuntut keseriusan dan inisiatif yang tinggi untuk belajar dari mahasiswanya, mahasiswa juga dituntut cara belajar yang kreatif dari para pengajar (dosen),” kata Mukhlisin.

Lanjut Mukhlisin, apabila mahasiswa tidak serius dan tidak memiliki inisiatif belajar, maka ilmu tidak terperoleh secara maksimal.

“Artinya, para mahasiswa hanya membuang-buang waktu dan mensia-siakan pembayaran UKT,” tambahnya. (Alja/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya