Bupati Pasangkayu Sambut Kunjungan Bupati Bolaang Mongondow Utara Untuk Tinjau Budidaya Vaname

26 July 2020 22:56
Bupati Pasangkayu Sambut Kunjungan Bupati Bolaang Mongondow Utara Untuk Tinjau Budidaya Vaname
Bupati Pasangkayu Agus Ambo Djiwa bersama Wakil Bupati M Saal dan Forkopimda terima kunker Bupati Bolaang Mongondow Utara, Sulut, Depri Ponto di rumah jabatan bupati Jalan Muh Hatta, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Sarwo Kartika Roni/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Bupati Pasangkayu Agus Ambo Djiwa bersama Wakil Bupati M Saal dan Forkopimda terima kunjungan kerja (kunker) Bupati Bolaang Mongondow Utara, Sulawesi Utara (Sulut), Depri Ponto di rumah jabatan bupati Jalan Muh Hatta, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Sabtu (18/7/2020).

Dalam sambutan Bupati Agus Ambo Djiwa ucapkan selamat datang kepada rombongan Bupati Bolaang Mongondow Utara dan menceritakan sejarah singkat tentang Kabupaten Pasangkayu yang terbentuk tahun 2003 dan usianya ke-17 tahun ini.

“Perjalanan Kabupaten Pasangkayu sampai hari ini sudah 17 tahun dengan APBD sekitar Rp900 miliar. Selain perkebunan sawit, kelapa dalam dan vaname dan salah satu komoditi saat ini jagung yang setiap tahun sekitar 400.000 ton,” ujar Agus.

Ia menyebutkan, setelah konsentrasi menata pembangunan perkebunan, kami mencoba menata daerah pantai, karena potensi pantai kurang lebih 13.000 hektar untuk pengembangan tambak udang dan ikan bandeng yang menjadi potensi daerah kami.

“Walaupun sementara ini dalam penataan, sehingga kesenjangan sedikit agar lebih bagus di daerah pantai, karena dulu orang nelayan menangkap pakai gayung, namun sebahagian sudah budidaya udang vaname dan ikan bandeng,” sebut Agus.

Sementar Bupati Bolaang Mongondow Utara, Depri Ponto juga ucapkan terimakasih atas penyambutan jajaran Pemerintahan Daerah (Pemda) Kabupaten Pasangkayu yang sempat hadir pada acara ini.

“Sebenarnya rencana kami cuma ada beberapa SKPD, Ketua DPRD, tapi setelah saya informasikan kepada SKPD dan ibu-ibu, mereka langsung sampaikan ke kami kalau boleh sama-sama dengan ibu-ibu ikut ke daerah perbatasan Sulawesi Barat,” ucap Depri.

Dirinya mengatakan, kunjungan ke Kabupaten Pasangkayu memang sudah kami rencanakan dari awal sejak kunjungan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ke Pasangkayu, dan kami sudah diberi tahu kalau Pasangkayu bisa dijadikan tempat daerah kerjasama pengembangan udang vaname.

“Kami ada 4 daerah di Sulawesi Utara dan Gorontalo dan Sulawesi Tengah. Seperti Bolang Mongondow Utara, Gorontalo Utara dan Bone Bolango. Daerah ini kita kerja sama berkaitan dengan pengembangan potensi sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA) untuk pengembangan perikanan dan kelautan, peternakan, pertanian dan perkebunan termasuk nantinya Pasangkayu,” kata Depri.

Sebelumnya, kata Depri, kami 4 bupati ketemu di perbatasan Sulawesi Tengah-Gorontalo yakni di Kabupaten Parigi Moutung, Sulteng. Disana Menteri KKP juga melihat kondisi pembuatan tambak udang vaname di daerah perbatasan, dan kebetulan kami ditunjuk dari 4 kabupaten sebagai ketua dan harus turun melihat dan belajar tentang budidaya udang vaname ini.

“Ini untuk kepentingan masyarakat, dan setelah kami lihat kondisi dan penyampaian Menteri KKP melalui pemparannya kalau Kabupaten Pasangkayu sudah pernah memanen hasil dan sudah dipasarkan udang vaname ini, maka kami tertarik untuk datang walaupun jaraknya cukup jauh,” kata Depri.

Dirnya menyampaikan, pemerintahan bagaimana melakukan pembangunan dan pelayanan berkaitan dengan potensi yang telah dipaparkan Bupati Pasangkayu, dan ada beberapa hal yang akan kami kembangkan di daerah kami termasuk budidaya udang vaname ini.

“Potensi pengembangan udang vaname di Pasangkayu dengan lahan sekitar 13.000 hektar yang ada di Pasangkayu memang cukup menjanjikan, sementara potensi kami Bolaang Mongondow Utara di sana daerah pesisir sekitar 62 desa daerah pesisir yang harus diperhatikan, karena masyarakat nelayan kami di sana masih butuh support, masih butuh bantuan dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi,” papar Depri.

Selanjutnya rombongan Bupati Pasangkayu bersama Bupati Bolaang Mongondow Utara menuju ke lokasi percontohan tambak udang vaname bertempat di Kecamatan Bamablamotu dan Sarjo.

Hadir mendampingi Bupati dan Wakil Bupati Pasangkayu, Ketua DPRD Pasangkayu Alwiaty, Dandim 1427 PasangkayuLetkol Inf Kadir Tangdiesak, Kapolres Pasangkayu AKBP Leo H Siagian, Kajari Pasangkayu Imam MS Sidabutar, Ketua Pengadilan Negeri Pasangkayu I Gusti Ngurah Agung Aryanta, Kepala Pengadilan Agama Pasangkayu Hidayani Paddengeng, Sekda Pasangkayu Firman, para kepala organsiasi perangkat daerah (OPD) lingkup Kabupaten Pasangkayu.(Adv)

 

 

 

 

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya