Pemprov Aceh Segera Lelang Proyek Pekerjaan Fisik, Misran: Seyogyanya APBA Dimanfaatkan Untuk Pemberdayaan Masyarakat

16 July 2020 13:13
Pemprov Aceh Segera Lelang Proyek Pekerjaan Fisik, Misran: Seyogyanya APBA Dimanfaatkan Untuk Pemberdayaan Masyarakat
Ketua Sekolah Pemimpin Muda Aceh, Misran. (Aljawahir/Trans89.com)
.

BANDA ACEH, TRANS89.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh akan segera melakukan tender pelelangan barang dan jasa salah satu pekerjaan fisik multiyears (kontrak tahunan jamak), karena penyerapan dana di Provinsi Aceh untuk belanja modal masih 23%.

Hal itu diingatkan oleh Presiden RI Joko Widodo kepada Pelaksantugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah sebelum dimulainya rapat tentang percepatan penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat (Jabar) yang dihadiri puluhan Gubernur dari seluruh Indonesia, Rabu 15 Juli 2020 kemarin.

Nova mengatakan, Pemprov Aceh akan segera mengambil tindakan selanjutnya, supaya hal tersebut bisa teratasi dengan cepat.

“Apalagi serapan dana di Aceh untuk belanja modal khusus itu masih baru dikisaran 23%,” kata Nova.

Berpacu pada data, menurut Nova, sebenarnya dari kemarin tender sudah mulai dilakukan lagi dan sudah ditayangkan lagi.

“Dari kemarin tender sudah dilakukan kembali dan sudah ditayangkan lagi di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE),” tutur Nova.

Hal itu mendapat kecaman dari Ketua Sekolah Pemimpin Muda Aceh, Misran.

Ia mengatakan, seharusnya dalam kondisi begini (pandemi corona), peningkatan kegiatan pemberdayaan masyarakat di bidang pertanian untuk ketahanan pangan dengan melibatkan mahasiswa sebagai pendamping para petani dan nelayan.

“Pemprov Aceh jangan semena-mena menggunakan anggaran. Seyogyanya Anggaran Pendapatan Belanja Aceh APBA 2020 dimanfaatkan untuk pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi yang menyentuh langsung, bukan proyek-proyek saja,” tegas Misran dengan nada kecaman di Banda Aceh, Kamis (16/7/2020).

Lanjut Misran, kondisi Covid-19 sekarang adanya pertambahan angka kemiskinan di Aceh, dan seharusnya pemerintah melalui dinas terkait wajib hadir memberikan solusi, melakukan antisipasi dan penanggulangan.

“Jangan malah wara wiri dengan multiyears proyek (dikorelasikan),” demikian Misran dengan harapan agar Pemprov segera evaluasi kebijakan penganggaran belanja. (Alja/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya